4 Ponpes Jombang Siap Jadi Tuan Rumah Muktamar NU

Editor: maulana
Wartawan: adi susanto
Senin, 17 November 2014 08:35 WIB

Gus Ipul menabuh rebana saat kunjungan ke Ponpes di Jombang.

JOMBANG (BangsaOnline)-Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim mengusulkan Jombang menjadi tempat digelarnya Muktamar NU pada Juni 2015 mendatang. Sejumlah pesantren di Kota Santri tersebut pun menyatakan sanggup menjadi tuan rumah. Wagub Jatim yang juga salah satu Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengungkapan, usulan resmi sudah disampaikan PWNU Jatim ke PBNU Jakarta.

"Jombang menjadi tuan rumah Muktamar NU tahun depan, apakah Anda semua siap?” tanya Gus Ipul saat memberikan sambutan dalam acara pentas Seribu Rebana memperingati dua tahun Jalan Gus Dur dan anugerah pahlawan nasional KH A Wahab Chasbullah di Jalan Gus Dur, Sabtu (15/11).

Pertanyaan itu langsung dijawab sanggup ribuan jamaah yang memadati Jalan Gus Dur. Bupati Jombang Nyono Suharli dan Wabup Mundjidah Wahab yang juga hadir terlihat antusias mendengarnya.

Gus Ipul menuturkan, PWNU Jatim sudah menyampaikan usulan resmi ke PBNU agar Muktamar NU digelar di Jatim. Dan oleh PWNU Jatim, lokasinya akan ditaruh Jombang.

“Sebagai wakil gubernur maupun sebagai salah satu ketua PBNU saya sangat mendukung (usulan tersebut). Sudah saatnya NU kita kembalikan ke Jombang. Sebab banyak tokoh NU berasal dari Jombang dan dimakamkan juga di Jombang ini,” tuturnya.

Di antara tokoh itu yakni, KH Hasyim Asy’ari di Tebuireng, KH Bisri Syansuri di Denanyar dan KH Wahab Chasbullah di Tambakberas. Ketiganya merupakan pendiri NU. Gus Ipul berharap, nantinya warga Jombang menjadi tuan rumah yang baik bagi para peserta muktamar.

“Karena nanti ada lima ribu peserta muktamar yang tinggal di sini, selama tujuh hari tujuh malam. Semua pejabat, mulai presiden, menteri, para kepala daerah pasti akan datang ke sini. Jadi sejak sekarang sudah harus dipersiapkan,” tuturnya.

Gus Ipul menambahkan, empat pondok besar di Jombang, yakni Ponpes Tebuireng, Ponpes Mambaul Maarif Denanyar, Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas dan Ponpes Darul Ulum Rejoso sudah meneken pernyataan siap mendukung dan turut menjadi tuan rumah Muktamar NU.

Karena rencananya, banyak agenda Muktamar yang digelar di empat pesantren besar tersebut.
“Semua peserta Muktamar nanti juga akan kita ajak berkunjung makam-makam pendiri NU di Jombang. Jadi ini sekaligus promosi bagi wisata religi,” tuturnya.

Bupati Nyono Suharli mengaku mendukung penuh usulan tersebut. “Menjadi tuan rumah untuk kegiatan nasional seperti Muktamar NU jelas sangat banyak manfaatnya,” kata Nyono.
Antara lain jadi sarana promosi potensi wisata, khususnya wisata religi kepada semua peserta yang datang dari seluruh penjuru nusantara.

“Produk-produk unggulan Jombang juga akan kita promosikan kepada mereka,” paparnya.
Selain itu, ribuan peserta maupun pengunjung yang datang juga dipastikan bakal meningkatkan perputaran uang sehingga mendongkrak perekonomian, yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita siap dan mendukung penuh Jombang jadi tuan rumah Muktamar NU. Kita sudah menyiapkan dukungan anggarannya,” tutur Bupati Nyono. Rencananya, muktamar pada Juni 2015, saat musim liburan sekolah.

 

sumber : Harian Bangsa, Berita Jatim,