Keberhasilan Program Transmigrasi Terletak Pada Transfer Keterampilan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Keberhasilan Program Transmigrasi Terletak Pada Transfer Keterampilan

Editor: Revol Afkar
Kamis, 12 September 2019 12:34 WIB

Rakor Bidang Ketransmigrasian Dalam Rangka Pemantapan Pelaksanaan Transmigrasi di Jawa Timur, di Hotel Haris Malang, Rabu (11/9) malam.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Sekda Prov. Jatim Heru Tjahjono menegaskan program dikatakan berhasil jika terwujud perpindahan keterampilan antara penduduk asal dan setempat atau biasa disebut "transfer keterampilan".

Atau, terwujudnya percampuran kemampuan antara penduduk pendatang dengan penduduk lokal.

Hal tersebut disampaikan Sekda Prov. Jawa Timur dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Badan Koordinasi (Kabakorwil) Pemerintahan dan Pembangunan III Prov. Jawa Timur di Malang, Drs. Benny Sampir Wanto pada saat membuka acara Rakor Bidang Kean Dalam Rangka Pemantapan Pelaksanaan Transmigrasi di Jawa Timur, di Hotel Haris Malang, Rabu (11/9) malam.

Dengan demikian, lanjutnya, salah satu tujuan , yaitu terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat pendatang dan penduduk, dapat terwujud. "Salah satu contoh jenis transfer keterampilan yang perlu dilakukan tersebut, yakni keterampilan transmigran Jawa dalam penerapan sistem terasiring dan transmigran Bali dalan mengeloka subak pertaniannya," ujarnya mencontohkan.

Menurut Sekda Heru Tjahjono, pelaksanaan program Pemerintah Pusat atau biasa disebut reguler untuk Jawa Timur selalu tercapai 100%. Misalnya, tahun 2017 sebanyak 80 KK (271 jiwa), dan 2018 sebanyak 53 KK (164 jiwa). "Transmigrasi reguler adalah program yang didanai oleh Pemerintah Pusat," tambahnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video