Begini Cara Risma Selamatkan Anak Surabaya yang Terjaring Razia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Begini Cara Risma Selamatkan Anak Surabaya yang Terjaring Razia

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Rabu, 11 September 2019 00:31 WIB

Wali Kota Risma saat foto bersama anak-anak yang berhasil dan sukses. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Tri Rismaharini memiliki cara tersendiri untuk terus berupaya menyelamatkan anak-anak yang terjaring razia Satpol PP . Salah satu yang dilakukannya adalah dengan melakukan pendekatan persuasif dan mengumpulkannya di rumah dinas Wali Kota Jalan Sedap Malam, Selasa (10/9/2019).

Selain mengumpulkan anak-anak yang terjaring razia, Wali Kota Risma juga mengundang orang tua dan guru sekolah tempat anak-anak itu menempuh pendidikan. Bahkan, Wali Kota Risma juga mengundang anak-anak yang sudah berhasil, dan ada pula yang masih menempuh kuliah berkat beasiswa yang diberikan oleh Pemkot karena memang berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Saat itu, satu per satu anak-anak itu ditanyakan masalahnya hingga terjaring razia Satpol PP. Ternyata, ada beberapa masalah yang dihadapi oleh anak-anak tersebut, ada yang minum-minuman miras dan ngelem, ada yang tawuran dan ada pula yang ngamen.

Akhirnya, mereka dicarikan jalan keluarnya satu per satu. Bagi yang terkena masalah psikis, Wali Kota Risma langsung meminta para psikolog untuk mengindentifikasi lebih lanjut. Bagi yang putus sekolah dan ingin sekolah, langsung disuruh carikan sekolah kepada jajaran Dinas Pendidikan. Bahkan, saat itu ada yang bersedia untuk tinggal di Liponsos.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma juga memberikan motivasi kepada anak-anak itu. Wali kota perempuan pertama di Kota itu memastikan bahwa ingin melindungi anak-anak semuanya, termasuk mereka yang terjaring razia. Ia juga mencontohkan ada beberapa anak yang terjaring razia karena ngamen, lalu dibantu Pemkot dan akhirnya sekarang bisa berhasil.

“Jadi, sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak berhasil, meskipun orang tua kalian tidak mampu. Ini contohnya kakak-kakak kalian yang juga berasal dari keluarga yang kurang mampu tapi sekarang sudah bisa berhasil,” kata Wali Kota Risma kepada anak-anak itu.

Oleh karena itu, ia meminta supaya anak-anak itu tidak menyerah dan tidak putus asa. Sebab, semua anak berhak untuk sukses dan berhak untuk berhasil, karena tuhan itu adil. “Jadi, tidak ada hubungannya orang tua kalian kurang mampu lalu putus sekolah. Kalian semua berhak untuk sukses dan berhasil, asal kalian mau atau tidak,” tegasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video