Enam Hari, Gudep SDN 4 Penganjuran Mewakili Kwarda Jatim di Tingkat Nasional di Jakarta

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Ganda Siswanto
Senin, 09 September 2019 11:31 WIB

Ketua Harian Kwarcab Banyuwangi Sulihtiyono (tengah batik) didampingi staf ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Banyuwangi Drs. Dwi Yanto (tengah pramuka) foto bersama anak-anak Gudep SDN 4 Pengajuran.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Pengajuran Banyuwangi mengikuti ajang lomba Pramuka SD tingkat nasional yang digelar di Jakarta mulai tanggal 8 sampai 13 September 2019.

Gudep Pangkalan julukan dari Gugus Depan SDN 4 Pengajuran ini mewakili Jatim ke tingkat nasional yang diberangkatkan ke Jakarta melalui bandara Blimbingsari, Sabtu (7/9/2019). Mereka terdiri dari 5 pembina berserta 16 anak yang terbagi satu regu putra dan satu regu putri.

Dalam lomba pramuka tingkat nasional ini, SDN 4 Pengajuran melalui Kwartir Daerah Provinsi Jatim mengusung tema ragam prestasi dan budaya untuk menguatkan karakter peserta didik.

Acara pemberangkatan peserta lomba gugus depan unggul dan festival penggalang ceria sekolah dasar tingkat nasional 2019 dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan yang juga Ketua Harian Kwartir Cabang Pramuka Banyuwangi Drs. Sulihtiyono, M.Pd.

Suli, panggilan akrab Kadindik, saat diwawancarai mengatakan SDN 4 Pengajuran ini menjadi gugus depan terbaik Provinsi Jatim tahun 2018. Sebelumnya, anak-anak berprestasi ini sudah melewati beberapa seleksi dan masuk menjadi juara di tingkat provinsi.

“Maka dari itu, gugus depan SDN 4 Pengajuran berhak mewakili Jatim dalam lomba pramuka tingkat nasional,” katanya.

Kepala Sekolah SDN 4 Penganjuran Dra. Hj. Setyaningsih, M.M. yang juga Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) menjelaskan, bahwa sebelum ikut lomba mewakili Jatim di tingkat nasional, Gudep Pangkalan SDN 4 Pengajuran sudah terlebih dahulu dinobatkan menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten dan Jatim.

“Kami di lomba nanti akan memunculkan inovasi pramuka berkarakter, seperti Gudep peduli sesama, Gudep keterampilan, Gudep berprestasi, dan Gudep peduli lingkungan. Dengan memunculkan inovasi seperti ini semoga gudep sekolah kami bisa jadi yang terbaik di tingkat nasional,” jelasnya di hadapan awak media. (gda/dur)