​Arkeolog BPCB: Relief di Situs Candi Gedog Mirip Relief Candi Panataran dan Candi Jabung

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
Jumat, 06 September 2019 19:53 WIB

Benda purbakala yang ditemukan.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Benda purbakala kembali ditemukan dekat situs Candi Gedog, Kelurahan Gedog, Kota Blitar. Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto Wicaksono Dwi Nugroho membenarkan adanya laporan temuan benda purbakala tersebut.

Menurut dia, benda tersebut berupa batu berelief dan sebuah batu dengan lubang di tengah-tengah mirip sebuah lumpang. Batu pertama dengan relief menggambarkan dua wanita berambut panjang. Mereka duduk di bawah sebuah pohon yang lebat daunnya. Sementara batu kedua berupa batu polos berbentuk persegi dan sebuah batu berukir yang sudah mulai pudar.

"Penemuan batu dengan relief ini membuktikan dugaan jika disana ada bangunan candi. Setelah saya membuka beberapa literatur khususnya di Blitar mencari kesamaan pola dan bentuk relief pertama dari segi pahatan mirip Candi Panataran," ujar Wicaksono dikonfirmasi melalui telepon, Jumat (6/9/2019).

Relief tersebut, kata Wicaksono selain memiliki kemiripan dengan pahatan relief di Candi Panataran juga mirip relief di Candi Jabung Probolinggo. Sementara sosok wanita yang digambarkan dalam relief merupakan Sri Tanjung tokoh dalam cerita panji.

"Dari foto yang dikirim ke kami, kita menelusuri siapa yang ada di gambar relief itu. Saat kami coba identifikasi relief itu mengambarkan seorang putri dengan posisi duduk. Kemudian kami mencoba menelusuri relief itu penggalan cerita apa. Kemungkinan itu cerita panji dan tokoh itu seperti tokoh sri tanjung. Adeganya mirip seperti Candi Jabung di Probolinggo yang juga peninggalan Majapahit," pungkasnya. (ina/ian)