Sambut Paguyuban Baru, Onthelis Sidoarjo Barat Ngonthel Bareng

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Minggu, 01 September 2019 20:45 WIB

RESMI: Pengukuhan pengurus POKS oleh Kosti Kabupaten Sidoarjo dengan simbolis memberikan bendera Kosti, Minggu (1/9). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ratusan pecinta sepeda tua ngonthel bareng menyusuri sejumlah desa di Kecamatan Prambon, Minggu (1/9). Ngonthel bareng ini untuk menyambut Paguyuban Onthel Kajartengguli Sidoarjo (POKS) yang dikukuhkan menjadi anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kabupaten Sidoarjo.

POKS resmi menjadi anggota Kosti Kabupaten Sidoarjo yang ke-50. Paguyuban pecinta sepeda tua yang lahir di Desa Kajartengguli Kecamatan Prambon ini dikukuhkan oleh Wakil Ketua Kosti Kabupaten Sidoarjo, Siswanto.

Prosesi pengukuhan dilakukan dengan membacakan Surat Keputusan (SK) dari Kosti Kabupaten Sidoarjo. Pengurus POKS yang diketuai Arif Soemarsono ini, juga menerima bendera Kosti dari pengurus Kosti Kabupaten Sidoarjo.

Siswanto mewakili pengurus Kosti Kabupaten Sidoarjo mengucapkan selamat atas dikukuhkannya POKS sebagai anggota ke-50 Kosti Kabupaten Sidoarjo. “Terpenting adalah bagaimana forum ini memberikan makna silaturahmi yang tidak melihat jenjang status,” cetusnya.

Siswanto menyebut, Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin bahkan menilai Kosti merupakan wadah paling strategis untuk melakukan sesuatu dan banyak hal yang bisa dilakukan. Khususnya jika mengacu pada jargon Satu Sepeda Sejuta Saudara. “Selamat untuk POKS yang baru dikukuhkan,” tandasnya.

Dalam acara pengukuhan ini, juga dilakukan pengukuhan Kepala Desa (Kades) Kajartengguli Suwono dan tokoh masyarakat Desa Kajartengguli, Sutikno sebagai Pembina POKS. Keduanya didapuk sebagai Pembina dengan simbol pemberian baju lurik, baju khas yang kerap dipakai para onthelis.

Pengukuhan POKS ini dihadiri ratusan onthelis dari sejumlah paguyuban pecinta sepeda tua di wilayah Sidoarjo Barat. Para onthelis-onthelista ini berasal dari sejumlah desa di Kecamatan Prambon, Tarik, Balongbendo dan Krian.

Sebelum menyaksikan pengukuhan pengurus POKS, para onthelis-onthelista ini berkesempatan ngonthel bareng dengan start dan finis di Desa Kajartengguli. Mereka ngonthel bareng menyusuri sejumlah desa yang merupakan desa tetangga Kajartengguli. (sta/ian)