Puluhan Manusia Berbaju Kera Ramaikan Pantai Klayar Pacitan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Puluhan Manusia Berbaju Kera Ramaikan Pantai Klayar Pacitan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Minggu, 01 September 2019 15:36 WIB

Kesenian Kethek Ogleng yang digelar di Pantai Klayar Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan manusia berbaju layaknya seekor kera meramaikan libur 1 Muharam 1.441 H di kawasan Pantai Klayar, , Ahad (1/9). Mereka menampilkan tarian Kethek Ogleng yang sengaja digelar dalam rangka menyambut tahun baru Islam.

Selain tarian Kethek Ogleng, masyarakat sekitar juga menyelenggarakan peringatan 1 Suro dengan berbagai macam ritual, seperti selamatan Klayar.

Tarian Kethek Ogleng sendiri, sengaja didatangkan dari Sanggar Condro Wanoro Banaran, Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan. "Puluhan Kethek Ogleng ini ditampilkan 3 sesi sehari, pagi, siang dan sore," kata Kabid Pemasaran Disparpora , Budi Hartoko.

Kethek Ogleng sengaja ditampilkan di Pantai Klayar yang merupakan pantai eksotik dan ramai pengunjung. "Ombaknya besar dan berbahaya. Karena itu gelaran selamatan dilakukan untuk memberikan peringatan agar pengunjung dan masyarakat berhati-hati. Sekaligus berdoa agar kita diberi keselamatan," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pacitan

Berita Terkait

Bangsaonline Video