Lestarikan Budaya di Kampung Mancilan dengan Menggelar Festival Kampung Budaya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lestarikan Budaya di Kampung Mancilan dengan Menggelar Festival Kampung Budaya

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Minggu, 25 Agustus 2019 13:08 WIB

Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo (tengah) saat membuka Festival Kampung Budaya Mancilan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dusun Mancilan, Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Pasuruan, memiliki keunikan yang terselubung dan menyimpan potensi. Dusun inilah yang diyakini sebagai tempat “moksa”nya Untung Suropati saat melawan pertempuran sengitnya melawan VOC.

Dusun Mancilan juga memiliki sejarah dan tradisi panjang dalam olah kanuragan, yang kemudian hari lebih dikenal sebagai Pencak Silat Mancilan.

Berbagai budaya-budaya yang berkembang di Dusun Mancilan diharapkan dapat terus dilestarikan dan dikembangkan. Untuk itu, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Pengembangan, dan Penelitian Daerah Kota Pasuruan selama dua hari berturut-turut mulai hari Jum’at (23/8) sampai dengan Sabtu (24/8) menyelenggarakan Festival Kampung Budaya Mancilan di lapangan Bong, Dusun Mancilan.

Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo yang membuka langsung festival kampung budaya Mancilan, ditandai dengan pemukulan bedug. Acara ini dihadiri Kepala OPD terkait, Camat, Lurah, unsur LPM, Karang Taruna, PKK, Ketua RT/RW, perwakilan padepokan silat, serta undangan lain.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video