​Gubernur Jawa Timur Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka Provinsi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Gubernur Jawa Timur Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka Provinsi

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Didi Rosadi
Jumat, 16 Agustus 2019 13:28 WIB

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyematkan pin Merah Putih secara simbolis kepada anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Jawa Timur tahun 2019 di gedung Negara Grahadi Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Suasana khidmat begitu terasa saat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan 76 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merah putih, di Gedung Negara Grahadi, Kamis (15/8/2019) malam.

Mereka adalah para pelajar terpilih dari 38 kabupaten kota di Jawa Timur yang akan bertugas pada upacara peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-74 pada hari Sabtu 17 Agustus 2019 mendatang. Para anggota Paskibraka tersebut diseleksi dari 228 siswa di seluruh Jawa Timur yang kemudian diseleksi lagi hingga menjadi 76 orang. Mereka berasal dari 38 kabupaten kota di Jawa Timur dengan komposisi masing-masing kabupaten kota diambil satu orang laki-laki dan satu orang perempuan.

Dalam prosesi pengukuhan itu, Gubernur Khofifah secara langsung memberikan penyematan tanda pengukuhan, menyerahkan duplikat bendera pusaka, dan mengarahkan agar para Paskibraka mencium bendera merah putih dengan penuh penghayatan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan tugas yang diemban para Paskibraka ini bukan sembarang penugasan. "Bendera bagi sebuah bangsa di semua negara di dunia, menjadi identitas kuat, simbol harkat, dan martabat bangsa," kata Khofifah.

Para Paskibraka yang malam itu didampingi oleh para orang tuanya, dikatakan Khofifah, adalah generasi unggul penerus bangsa. Mereka dalam menjalankan tugas ini sebelumnya telah mengikuti diklat dengan kurikulum antara lain menanamkan nasionalisme, pembinaan karakter, menanamkan nilai-nilai Pancasila, dan penguatan NKRI.

"Ini akan menjadi penguatan komitmen kebangsaan dengan harapan terus dilakukan setelah kembali ke daerah masing-masing. Mengibarkan bendera pusaka Merah Putih menjadi simbol yang sangat prestisius bagi anak-anak muda yang pernah mendapatkan kesempatan terhormat sebagai tim ," ucapnya.

Khofifah berpesan pada para anggota Paskibraka agar terus mengembangkan diri lewat organisasi kepemudaan, kemahasiswaan maupun organisasi kewirausahaan. Agar mereka bisa meningkatkan potensi mereka, mengembangkan jiwa kepemimpinan, kewirausahaan dan sebagainya untuk mendukung terwujudnya Sumberdaya Manusia Unggul menuju Indonesia Maju.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video