Gunakan Daun dan Besek Saat Idul Adha, DeDurian Park akan Ajak Masyarakat Menanam Bambu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gunakan Daun dan Besek Saat Idul Adha, DeDurian Park akan Ajak Masyarakat Menanam Bambu

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Selasa, 13 Agustus 2019 01:26 WIB

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ajakan tidak menggunakan plastik saat membagi daging kurban di Idul Adha 1440 H direspons positif masyarakat luas. Termasuk DeDurian Park . Masyarakat Wonosalam menyatu dalam kebersamaan kembali ke alam.

Bahkan Muhammad Gurning, salah satu pendiri DeDurian Park punya perspektif lebih luas.

"Nanti akan lahir lebih banyak lagi pengrajin besek dan bahan bahan dari bambu. Bahkan petani akan semangat menanam kembali bambu dan pisang," tegasnya.

Menurut Gurning, saat inilah momentum kebangkitan petani. Menanam bambu yang selama ini dianggap kurang produktif, akan kembali menjadi produktif. "Belum lagi, manfaat lain dengan kembali menanam bambu, maka akan pula mejadi bagian penting pengikat air hingga menjadi sumber mata air bagi masyarakat," tambah Gurning yang aktif bergerak mendirikan "start up" bidang pertanian Goolive.

Pada sisi lain, Yusron Aminulloh, Dirut DeDurian Park menilai, di sinilah perlunya inovasi yang tidak meninggalkan nilai-nilai lokal atau "local genius". "Sudah saatnya kita belajar budaya tani dan budaya bermasyarakat tapi tetap menyatu dengan alam," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Jombang

Berita Terkait

Bangsaonline Video