Bapak Bersama Anak Balitanya Rela Ngontel ke Jakarta Demi Bisa Upacara Bareng Jokowi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Senin, 12 Agustus 2019 19:05 WIB

Mbah Ji berpamitan sebelum berangkat ngontel ke Jakarta.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sekitar pukul 09.00 WIB, rumah Ndarji alias Mbah Ji (40) mendadak ramai dan didatangi warga sekitar. Pasalnya, bapak asal Dusun Bulu RT 08 RW 02, Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban ini bertekad berangkat ke Jakarta demi bertemu Presiden Republik Ir. Jokowi Widodo sekaligus ikut upacara bendera di Istana Negara.

Uniknya, Mbah Ji yang dijuluki sang makhluk aneh berangkat ke Jakarta mengendarai sepeda ontel bersama putri kandungnya yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak, Anggun Putri (4).Mereka berdua akan menuju ke ibu kota dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Mereka berharap bisa bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara.

Salah satu tetangga, Irfa Nur Aini (19) mengatakan, Mbah Ji memang sudah terbiasa naik sepeda ontel ke mana-mana. Bahkan, sebelumnya Mbah Ji dulu sudah pernah ke Malang, Jakarta, Kalimantan, dan Bali, menggunakan sepeda ontel kesayangannya itu.

Menurutnya, tujuan Mbah Ji kali ini selain membawa misi bisa bertemu presiden, juga dalam rangka napak tilas memeriahkan 17 Agustus, sebagai hari Kemerdekaan Indonesia. "Mbah Ji memang sudah biasa seperti itu," ujar Irfa yang juga mahasiswi itu.

Meski sudah biasa ngontel dan menjadi tradisi, para tetangga tetap berharap dan mendoakan agar Mbah Ji sampai tujuan dengan selamat. Pasalnya, Mbah Ji kali ini menuju Jakarta mengajak buah hatinya dengan berbekal uang seadanya.

"Warga berharap semoga perjalanan bapak dan anaknya ini lancar tanpa halangan apapun. Selanjutnya, bisa menyampaikan tujuan untuk bertemu Pak presiden di Jakarta," ungkap tetangga Mbah Ji lainnya.

Terpisah, Camat Rengel Eko Wardono membenarkan ada warganya yang berangkat ke Jakarta naik sepeda ontel demi bisa bertemu Presiden RI Joko Widodo.

"Saat kami tanya, beliau ingin bertemu pak Jokowi karena kagum," ungkal Camat.

Agar perjalanannya mulus, pihak kecamatan juga mengeluarkan surat keterangan untuk dibawa Sudarji saat perjalanan. Surat tersebut diharapkan bisa menjadi pegangan saat mengayuh sepeda ontel bersama putrinya hingga ke Jakarta nanti dan bertemu presiden.

"Semoga impian pak Ji tersampaikan dan selamat sampai tujuan," ujar Camat Rengel ini. (gun/rev)