Hepatitis A Lewat, Pacitan Aman Dikunjungi

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Sabtu, 10 Agustus 2019 13:42 WIB

Kegiatan deklarasi dari sejumlah lembaga di Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Pacitan saat ini sudah aman dikunjungi. Soal paparan Hepatitis A sejauh ini sudah terkendali. Bahkan ribuan pasien yang positif terjangkiti penyakit yang menyerang fungsi hati tersebut, dinyatakan sembuh. Karena itu, semua pihak diharapkan bisa memberikan pemahaman ke masyarakat luas kalau penyakit Hepatitis A itu merupakan penyakit ringan dan dapat dengan mudah disembuhkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Danur Suprapto, Panitia Penyelenggara "Deklarasi Antar Lintas Lembaga Hepatitis Ditangani, Pacitan Menuju Zero Hepatitis. (Pacitan Sudah Aman Dikunjungi, Ayo Berkunjung Ke Pacitan)," Sabtu (10/8).

"KLB Hepatitis A sudah lewat, sehingga Pacitan aman dikunjungi," ujar Danur.

Hal senada juga disampaikan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pacitan, Agus Subianto. Menurut Agus yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas Kebonagung tersebut, serangan Hepatitis A merupakan siklus lima tahunan.

"Lima tahun sebelumnya, juga pernah terjadi di Ngadirojo," kata Agus di kesempatan yang sama.

Agus menegaskan, Hepatitis A memang penyakit ringan, namun penularannya sangat cepat. Jalurnya hanya satu, yakni lewat mulut, masuk ke mulut dan keluar lewat dubur. Hanya saja masalahnya, yang keluar dari dubur ini yang tidak disadari.

Lebih lanjut Agus menerangkan, belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit Hepatitis A. Upaya yang bisa dilakukan hanyalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh si penderita.

"Tapi saya tegaskan, kalau penderita Hepatitis A bisa sembuh total. Dan secara alam mereka justru akan mendapatkan kekebalan sepanjang hidupnya," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo mengajak masyarakat untuk bisa bangkit dari masalah serangan Hepatitis A tersebut.

"Pada dasarnya orang Pacitan itu tangguh, karena itu ayo kita segera bangkit dan menciptakan Pacitan terbebas dari klaim serangan Hepatitis A," ajaknya.

Sementara itu pada kegiatan tersebut juga dihadirkan salah seorang warga dari Kecamatan Sudimoro yang pernah terpapar Hepatitis A lalu sembuh. Dia adalah Sofyan Hadi, salah seorang mahasiswa di STKIP PGRI Pacitan. Menurut Sofyan, ia dan keluarganya memang sempat terpapar virus Hepatitis A.

"Tapi kami sekeluarga saat ini sembuh total. Bahkan hingga hari ini tidak satu pun pasien Hepatitis A yang masih menjalani rawat inap di Puskesmas. Semua sudah sembuh," tuturnya.

Selain menghadirkan sejumlah dokter, acara yang dihelat di sebuah "RESTORAN" tersebut juga mengundang puluhan lembaga. Baik dari kalangan jurnalis maupun praktisi hukum dan LSM. Selain itu mereka juga membubuhkan tandatangan di spanduk besar sebagai pertanggungjawaban mereka kalau di Pacitan ini memang sudah terbebas dari Hepatitis A dan aman dikunjungi. (yun/ns)