Dinilai Mempermudah Izin Tambang dari Luar Daerah, Bupati Situbondo Didemo Warga | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dinilai Mempermudah Izin Tambang dari Luar Daerah, Bupati Situbondo Didemo Warga

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mursidi
Rabu, 31 Juli 2019 18:18 WIB

Tampak pengunjuk rasa dan puluhan dump truk saat di depan Kantor Pemkab Situbondo. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Sengkarut pertambangan di Situbondo terus terjadi. Rabu (31/7), ratusan warga dari beberapa Kecamatan di Situbondo akhirnya meluapkan kekesalannya dengan melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Situbondo.

Aksi ini sebagai bentuk protes warga terhadap pemerintah yang dinilai mempermudah pengurusan izin tambang dari luar daerah. Sementara untuk penambang lokal, proses perizinannya dinilai dipersulit.

"Ada 17 perusahaan tambang yang telah mempunyai izin di Situbondo. Dari 17 tersebut, 15 penambang dari luar daerah dan hanya 2 penambang lokal yang mendapatkan izin. Ini bukti kalau pemerintah daerah tidak berpihak kepada warganya sendiri," pekik Anis Mukaddas, korlap aksi.

Massa mengaku sangat prihatin terhadap Bupati Situbondo. Pasalnya Bupati dinilai telah membiarkan penambang dari luar Kabupaten Situbondo menggerus kekayaan alam di Situbondo. Untuk itu mereka meminta Bupati melakukan tindakan tegas terhadap para penambang dari luar dan berpihak kepada penambang lokal.

"Pemerintah sebagai kepanjangan tangan dari masyarakat Situbondo harus menjadi jembatan dengan memberikan kesempatan dan mempermudah mengawal proses perizinan para penambang lokal, bukan malah mempersulit," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Tambang Situbondo

Berita Terkait

Bangsaonline Video