Pemerintah Pusat dan Provinsi Gelontorkan Ratusan Juta Rupiah untuk Sarpras di Sentono Gentong

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Rabu, 17 Juli 2019 15:27 WIB

Kepala Bapemas dan Pemdes Pacitan, Sanyoto. (foto: Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Bapemas dan Pemdes Sanyoto menegaskan, pemerintah pusat dan provinsi ikut berkomitmen untuk membantu membangun akses dan fasilitas umum di obyek wisata bukit Sentono Gentong Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku.

"Sudah kali kedua, obyek wisata Sentono Gentong mendapat bantuan keuangan dari Pemprov Jatim dan juga APBN," ujar Sanyoto saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (17/7).

Menurut pejabat alumni sekolah kedinasan ini, untuk bantuan keuangan (BK) dari Pemprov Jatim senilai Rp 150 juta diperuntukkan pembangunan rabat jalan. "Anggaran tersebut sudah terserap pada tahun anggaran 2018 lalu. Sedangkan tahun ini ada lagi bantuan dari APBN untuk sarana dan prasarana destinasi wisata senilai Rp 540 juta," jelasnya.

Bantuan dari Kementerian Desa tersebut, sebanyak Rp 380 juta di antaranya diperuntukkan pembangunan rabat jalan dan gazebo-gazebo yang dilaksanakan tim pelaksana kegiatan (TPK) desa. Sedangkan sisanya, sebanyak Rp 140 juta untuk pengadaan penerangan jalan umum (PJU) yang dilaksanakan pihak ketiga.

"Kalau untuk pengadaan PJU ini dilaksanakan pihak ketiga. Jadi pemerintah desa hanya tinggal menerima hasil," urai mantan Kasatpol PP tersebut.

Adanya stimulasi anggaran tersebut diharapkan bisa melengkapi sarpras yang selama ini mungkin belum tersedia. Dengan begitu, animo kunjungan wisata ke Pacitan bakal semakin meningkat. (yun/dur)