KHM Yusuf Hasyim: Film Ibarat Gelas: Kini Tebuireng Bikin Film Hadratussyaikh dan Ahmad Dahlan (3) | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

KHM Yusuf Hasyim: Film Ibarat Gelas: Kini Tebuireng Bikin Film Hadratussyaikh dan Ahmad Dahlan (3)

Editor: Em Mas'ud Adnan
Wartawan: tim
Sabtu, 13 Juli 2019 16:51 WIB

Poster film Sembilan Wali (Walisongo) yang melibatkan KHM Yusuf Hasyim. Foto: Wikipedia

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pesantren Tebuireng memang sering kontroversial dalam melakukan pembaharuan pendidikan Islam. Namun kontroversi itu kemudian justru banyak ditiru bahkan jadi “contoh model” yang secara massif ditiru dan praktikkan pesantren-pesantren lain.

Sejarah mencatat, tahun 70-an dunia pesantren masih menganggap tabu menghadirkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di pondok pesantren. Saat itu lembaga pendidikan formal pesantren identik dengan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Pengasuh Pesantren Tebuireng saat itu KHM Yusuf Hasyim mengambil langkah berani. Ya, Pak Ud – panggilan akrab KHM Yusuf Hasyim – pada 1975 mendirikan SMP dan SMA di Tebuireng dengan memberi nama SMP dan SMA A Wahid Hasyim, nama kakak tertua Pak Ud, yang tak lain, putra pertama KHM Hasyim Asy’ari. Kiai A Wahid Hasyim juga ayahanda KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan .

Bagaimana respons masyarakat terutama para kiai pimpinan pesantren?

Seperti sudah diduga, sindiran dan kecaman mengalir. Saya masih ingat ketika kiai-kiai menyindir Pak Ud selaku pengasuh pesantren Tebuireng. Mereka menilai Pak Ud telah melakukan pendangkalan ilmu agama di pesantren.

Namun sejarah membuktikan, kini mindset para kiai pesantren berbalik 180 derajat. Sekarang hampir semua pesantren mendirikan SMP, SMA, SMK dan lembaga pendidikan lainnya.

Begitu juga soal film. Pada tahun 80-an hampir semua kiai mengharamkan nonton film, apalagi memproduksi film. Tapi lagi-lagi Pak Ud melawan arus. Pak Ud menerima tawaran main film bertitel “Sembilan Wali” (Wali Songo) pada 1985.

Apa alasan Pak Ud menerima tawaran jadi “figur wali” dalam film itu? “ itu ibarat gelas. Tergantung isinya,” kata Pak Ud penuh keyakinan. Artinya, kalau gelas itu diisi racun, maka akan mematikan, tapi kalau diisi madu, akan menyehatkan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video