Penjual Kacang Goreng Renteng Asal Kota Probolinggo Bisa Naik Haji | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Penjual Kacang Goreng Renteng Asal Kota Probolinggo Bisa Naik Haji

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Rabu, 10 Juli 2019 00:01 WIB

Sunak Mutiha Djumakah (Mak Sunak), seorang janda tua penjual kacang goreng renteng yang mampu menunaikan ibadah haji. foto: YUDI ARIANTO/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sunak Mutiha Djumakah (65), seorang janda tua penjual kacang goreng renteng yang mampu menunaikan ibadah . Seluruh biaya ibadah itu ia tabung sedikit demi sedikit dimasukkan ke dalam celengan.

Wanita paruh baya asal Jl. Cokroaminoto Kebonsari Kota Probolinggo ini menjadi salah satu wanita paling beruntung di dunia. Pasalnya, pada musim tahun ini ia dapat berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah melalui kelompok terbang (kloter) 9.

“Saya dari dulu itu mas suka mengatur uang, saya punya hasil jualan langsung saya masukkan mas ke dalam jembung (celengan),” terang nenek dengan dua cucu ini.

Dengan logat bahasa Madura yang amat kental, ia berusaha menceritakan kisahnya berjualan kacang, hingga ahirnya bisa menabung untuk menunaikan ibadah .

Kacang goreng renteng milik Mak Sunak diproses dari nol. Kacang yang masih berkulit lalu direbus, selanjutnya dikupasi, kemudian diberi bumbu, digoreng, diberi bawang, baru kemudian dikemasi.

Harga yang dipatok oleh Mak Sunak tidak mahal, justru tergolong murah. Satu renteng kacang goreng yang berisi 12 itu dipatok seharga 4800, selanjutnya dijual oleh penadah senilai 6000. Keuntungan yang didapat pun tidak seberapa. Namun siapa sangka dengan ketekunan Mak Sunak dalam menabung, ia berhasil mendaftar .

“Penghasilan saya sehari itu ndak mesti mas, paling 20.000 sampai 30.000 sehari, ya gimana lagi, uang ini harus saya tabungkan mas, kalau dak pinter-pinter nabung, dak bisa saya mas,” sambung Mak Sunak.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   haji Religia

Berita Terkait

Bangsaonline Video