Harga Cabai di Pacitan Tembus Rp 70 Ribu per Kg

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Senin, 08 Juli 2019 16:14 WIB

Ilustrasi

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Harga cabai di Pacitan terpantau masih mahal. Informasi yang dihimpun, sampai hari ini harga cabai masih di kisaran Rp 70 ribu hingga Rp 80 ribu per kilogram (kg).

Menurut Sri salah seorang pemilik warung makan di Pacitan, harga cabai yang mencapai Rp 70 Kg sudah terjadi sejak sepekan yang lalu. "Hari ini kabarnya sudah naik menjadi Rp 80 ribu per kg. Kenaikan harga cabe ini utamanya untuk cabe besar dan cabe keriting," ujarnya, Senin (8/7).

Sementara itu, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekkab Pacitan Joni Maryono mengatakan, kenaikan harga cabai tersebut berlaku global. "Jadi bukan hanya terjadi di Pacitan, namun kasus ini sudah menasional," tutur Joni di tempat terpisah.

Menurutnya, kenaikan harga disebabkan melonjaknya permintaan masyarakat akan bumbu pedas tersebut. Sedangkan di sisi lain, produksi petani jauh menurun akibat belum musim panen. "Ya mungkin karena faktor musim, sehingga memengaruhi produksi petani. Di lain sisi produksi petani jauh menurun," ungkapnya.

Joni mengimbau, masyarakat khususnya ibu rumah tangga agar lebih bijak dalam menyikapi persoalan ini. "Mungkin sementara waktu bisa mengurangi porsi cabai dan mengganti dengan lainnya yang sama berasa pedas, misalnya dengan campuran merica," tutur Joni. (yun/rev)