Isi Liburan, Para Remaja ini Jadi Relawan Calon Penumpang Kereta Api | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Isi Liburan, Para Remaja ini Jadi Relawan Calon Penumpang Kereta Api

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yudi Indrawan
Sabtu, 01 Juni 2019 13:48 WIB

Dengan menggunakan seragam yang sama bertuliskan Komunitas Railfans Daop 9 Jember, mereka membantu penumpang yang akan naik kereta.

JEMBER, BANGSAONLINE.com – Sejumlah remaja dari usia SMA hingga kuliah, tampak sibuk membantu para calon penumpang kereta api di Stasiun Jember. Dengan menggunakan seragam yang sama bertuliskan Komunitas Railfans DAOP 9 JEMBER, mereka membantu untuk mencetakkan tiket kereta di tempat Check In Counter (CIC), memberikan informasi tentang keberangkatan serta kedatangan kereta, dan juga mengangkat koper calon penumpang kereta seorang ibu-ibu ataupun lansia ke atas kereta.

Diketahui, para pemuda ini tergabung dalam sebuah komunitas pecinta kereta, yang bekerja sebagai relawan, membantu calon penumpang kereta untuk memberikan pelayanan di stasiun.

“Sebelum mudik lebaran, saya bersama dengan teman-teman dari Komunitas Railfans DAOP 9 Jember membantu para calon penumpang kereta api, untuk mencetak tiket, dan terkadang juga membantu menaikkan tas atau koper penumpang yang ibu-ibu dan yang sudah tua itu,” kata Kristian Aji Pratama, salah satu anggota komunitas, Sabtu (1/6).

Berawal dari mencintai dan suka dengan kereta, apalagi pernah punya pengalaman menarik saat pertama kali naik kereta api, membuat pria yang juga mahasiswa jurusan ilmu sejarah Fakultas Ilmu dan Budaya Unej ini, bergabung dalam komunitas Railfans Daop 9 Jember tersebut.

“Jadi awalnya senang dengan kereta, memfoto kereta, dan sekarang kami menjadi relawan membantu para calon penumpang. Karena terkadang karena ramai penumpang, akhirnya saling berebut untuk naik atau turun dari kereta,”ujar dia.

Dia bersama dengan teman-temannya yang lain dalam komunitas, bergantian untuk bertugas sebagai relawan. Pergantian tugas dilakukan sebanyak 2 kali. Pertama dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang. Kemudian shift kedua lanjut sampai jam 5 sore.

"Tidak sampai malam, karena kami hanya sekedar membantu,” kata dia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video