Kisah Pemuda Pacitan Selama Empat Bulan di Pasigala, Berhasil Mendirikan 235 Rumah Panggung | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kisah Pemuda Pacitan Selama Empat Bulan di Pasigala, Berhasil Mendirikan 235 Rumah Panggung

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Rabu, 29 Mei 2019 17:20 WIB

Hartono, Tenaga teknis LPTP. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Menjadi tenaga teknis di daerah terdampak bencana bukanlah hal yang mudah. Apalagi di luar pulau dengan kondisi geografis cukup menantang.

Itulah gambaran kecil yang pernah dilakukan Hartono, salah seorang tenaga teknis dari Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) yang selama empat bulan ini ikut terjun di daerah terdampak bencana di Palu.

"Selama empat bulan saya bersama dengan tim dari LPTP ikut berkecimpung melakukan recovery terhadap warga terdampak bencana gempa, tsunami, dan likuifaksi di Palu, Sigi, dan Donggala (Pasigala)," ujar pria asal Desa Nanggungan, Kecamatan/Kabupaten Pacitan ini, Rabu (29/5).

Selama empat bulan lebih, ia harus bergelut dengan medan yang begitu sulit lantaran hampir mayoritas rumah terdampak bencana berada di lereng dan kawasan perbukitan. Belum lagi saat memberikan pemahaman kepada warga terdampak yang tempat kediamannya direlokasi, butuh ketelatenan dan kesabaran khusus.

"Tipikologi masyarakat di sana (Pasigala) dengan Pacitan jauh berbeda. Sehingga memang butuh ketelatenan dan pendekatan khusus. Baik sosiologi maupun pemahaman teknis agar mereka bersedia untuk direlokasi," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video