Ibu-ibu di Pesisir Jember Dilatih Membatik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkatkan Potensi Perekonomian, Ibu-ibu di Pesisir Jember Dilatih Membatik

Editor: .
Wartawan: Yudi Indrawan
Kamis, 16 Mei 2019 17:23 WIB

Ibu-ibu yang mengkuti pelatihan membatik tampak serius.

JEMBER, BANGSAONLINE.com – Pakem dari motif batik lokal wilayah Kabupaten adalah Daun Tembakau. Namun, dengan banyaknya potensi di 31 kecamatan se-Kabupaten , motif batik Daun Tembakau tersebut dikolaborasikan dengan potensi unggulan yang ada di wilayah masing-masing. Hal ini tampak dari pelatihan membatik yang diikuti sekitar 60 orang ibu-ibu di Kecamatan Puger. 

Kecamatan Puger yang wilayahnya dominan pesisir pantai, mendapatkan perhatian dari Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) , untuk dapatnya meningkatkan potensi perekonomian yang ada. Membatik menjadi salah satu pilihan yang dilakukan. Terkait pakem motif batik, tetap adalah Daun Tembakau. Namun dikolaborasikan dengan motif biota laut, ataupun juga kehidupan sehari-hari dari nelayan.

Pemberi materi membatik adalah Andriyanto, sekaligus Anggota Asosiasi Pembatik Jawa Timur (APBJ). Ia menyampaikan, suatu hal yang perlu diketahui dari pembatik pemula khususnya di Kecamatan Puger, yakni harus mencari identitas dari wilayahnya.

“Yakni motif yang pertama, dan kedua adalah pembatik harus mengetahui cara membatik yang benar, teknik, dan cara-caranya,” kata Andriyanto saat dikonfirmasi wartawan, Kamis siang (16/5).

Terkait identitas, Andriyanto meminta agar ciri khas Daun Tembakau sebagai pakem tidak boleh dihilangkan. “Itu tidak boleh dihilangkan! Kemudian untuk wilayah Puger di pesisir, identitasnya diambil dari biota laut, perahu, mercusuar, dan kehidupan nelayan itu sendiri, dan dikombinasikan,” katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Jember Batik Jember

Berita Terkait

Bangsaonline Video