​ Jokowi Minta Menantu AM Hendropriyono Jadi Danpaspampres | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​ Jokowi Minta Menantu AM Hendropriyono Jadi Danpaspampres

Rabu, 15 Oktober 2014 19:44 WIB

Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Foto: therealsingapore.com


JAKARTA(BangsaOnline) Menjelang pergantian tampuk kepemimpinan, Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Moeldoko menunjuk Brigjen Andika Perkasa sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Penunjukan Andika yang merupakan menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono itu ternyata atas permintaan presiden terpilih, Joko Widodo.

"Ya memang kami kan konsultasi kepada Pak Jokowi soal Komandan Paspampres. Nah, beliau langsung menunjuk nama Pak Andika," kata Moeldoko di Istana Negara, Rabu (15/10/2014). AM Hendropriyono dikenal sebagai orang dekat Megawati Soekarno dan tim sukses Jokowi dalam pilpres.

Posisi Danpaspampres sebelumnya diisi oleh Mayjen Doni Munardo yang dipromosikan sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Sementara Andika, sebelum menjadi Danpaspamres, bertugas sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat.

Moeldoko mengatakan, serah terima jabatan akan dilakukan pada 23 Oktober mendatang.

"Karena saat kritis pergantian ini, nanti kalau diganti sekarang, pemahaman terhadap tugas kan masih belum matang ya, nah biar Pak Doni dulu," katanya.

Andika Perkasa adalah lulusan Akmil 1987. Sejak lulus dari Akmil, Andika lebih banyak ditugaskan di jajaran Kopassus. Dia juga pernah bertugas di Kodiklat TNI AD dan Sekretaris Pribadi Kasum TNI.

Mantan lulusan Universitas Harvard itu pernah bertugas sebagai Komandan Rindam Jaya hingga Danrem 023/Kawal Samudera, Sibolga, Sumatera Utara. Karier Andika melejit hingga akhirnya menjadi Kadispen TNI AD.

Sementara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melantik 22 orang duta besar baru menjelang lima hari masa tugasnya berakhir, Rabu (15/10/2014). Beberapa di antaranya yang dilantik adalah orang-orang dekat SBY seperti Staf Khusus bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah dan Direktur Eksekutif Partai Demokrat Toto Riyanto.

Faizasyah ditempatkan sebagai Duta Besar RI di Kanada dan Toto menjadi Duta Besar RI di Brasil. Tak hanya itu, beberapa di antaranya juga adalah orang-orang lingkar Istana seperti Mohammad Oemar yang merupakan Sekretaris Wakil Presiden. Sebelum menjadi Setwapres, Oemar pernah menjadi Duta Besar Italia. Kini, ia ditempatkan SBY sebagai Duta Besar RI di Luksemburg.

Tak hanya orang-orang dekat SBY, duta besar yang baru dilantik juga ada yang berasal dari pegawai karir di Kementerian Luar Negeri yakni mantan Wakil Menteri Luar Negeri Wardana dan Direktur Perlindungan WNI dan BHI di Luar Negeri Tatang Budie Utama Razak. Wardana ditempatkan sebagai Dubes RI di Turki dan Tatang menjadi Dubes RI di Kuwait.

Berikut daftar lengkap 22 duta besar yang dilantik Presiden SBY hari ini:
1. Dr Teuku Faizasyah, MSi (Kanada)
2. Bambang Hendrasto (Korea)
3. Marsdya TNI (Purn) Toto Riyanto (Brasil)
4. Drs Dominicus Supratikto (Suriname)
5. Imam Santoso (Ethiopia)
6. Wardana (Turki)
7. Jhonny Sinaga (Argentina merangkap Republik Paraguay dan Republik Orientas Uruguay)
8. Drs Endang Dwi Syarief Syamsuri, M.Si (Maroko)
9. Letjen TNI (Purn) Hotmangaradja Pandjaitan (Republik Prancis merangka Kepangeranan Andorra, Kepangeranan Monaco, dan UNESCO)
10. Dra. Wening Esthyprobo Fatandari, MA (Hongaria)
11. Drs. Philemon Arobaya (Cile)
12. Harry Richard James Kandou (Serbia)
13. Yusra Khan (Mexico merangkap Belize, Republik El Salvador, Republik Guatemala, dan Republik Honduras)
14. Mohamad Oemar (Belgia merangkap Luksemburg, European Union, World Customs Organization (WCO) dan organisasi-organisasi internasional lain yang berkedudukan di Brussels) 15. Ronald Josef Pariaman Manik (Papua Nugini merangkap Solomon)
16. Joko Harjanto (Arab Suriah)
17. Aulia Aman Rachman (Republik Ceko)
18. Teuku Faizasyah (Kanada)
19. Tatang Budie Utama Razak (Kuwait)
20. Peter Frans Gontha (Polandia)
21. Anak Agung Gde Alit Santhika (Repb Uzbekistan)
22. Stephanus Yuwono,SH (Republik Zimbawe)

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: kompas.com

 

sumber : kompas.com

 Tag:   jokowi

Berita Terkait

Bangsaonline Video