Tangkal TBC, Pemkot Mojokerto - TBC Care Bentuk Kader Pendamping | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tangkal TBC, Pemkot Mojokerto - TBC Care Bentuk Kader Pendamping

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Senin, 06 Mei 2019 16:16 WIB

PENGKADERAN: Aksi sejumlah elemen masyarakat di Kota Mojokerto turut menangkal penyebaran TBC yang merebak di daerah ini. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Merebaknya penyakit mematikan Tuberculosis (TBC) di Kota Mojokerto mendapat respons dari banyak pihak. Tak hanya Pemkot setempat, elemen masyarakat yang menangkal laju TBC turut serta. 

Lembaga TBC-HIV Care yang disupport oleh Global Fund (GF) misalnya, turut mengeliminir penderita TBC di Kota Mojokerto. Saat ini, telah melatih 28 kadernya menjadi Kader TBC. Pengkaderan ini digelar maraton mulai 29 April hingga 3 Mei 2019. Para kader ini akan ditugaskan untuk menjangkau dan mendampingi pasien TBC untuk berobat sampai sembuh. 

Tatik Lutfiati, Kepala SSR TBC-HIV Kota Mojokerto mengatakan, 28 kader ini sudah dibekali ilmu oleh Dinas Kesehatan dan dilatih oleh para fasilitator. 

"Para kader ini akan koordinasi dengan petugas TBC di Puskesmas. Jadi setelah menemukan pasien TBC, mereka akan membawa ke puskesmas untuk dilakukan tes. Program ini sesuai kampanye dari kementerian Kesehatan, yakni TOSS TB, temukan obati sampai sembuh," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video