Aksi May Day, Hari ini 20.000 Buruh Sarbumusi Turun Jalan Luruk Grahadi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Aksi May Day, Hari ini 20.000 Buruh Sarbumusi Turun Jalan Luruk Grahadi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Rabu, 01 Mei 2019 01:24 WIB

RAPATKAN BARISAN: Pengurus Sarbumusi Sidoarjo usai rapat pengerahan massa aksi May Day menuju Grahadi, di Kantor DPC Sarbumusi Sidoarjo, Selasa (30/4). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sekitar 20.000 buruh asal Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) Jawa Timur bakal turun jalan memperingati Hari Buruh Internasional (May Day), pada 1 Mei hari ini.

Ribuan buruh ini bakal menyampaikan sejumlah tuntutan secara langsung ke Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dengan datang ke Gedung Negara Grahadi di Surabaya. “Kami siap menerjunkan sekitar 20.000 buruh,” cetus Koordinator Aksi yang juga Ketua DPC Sarbumusi NU Sidoarjo, H Kujairi, Selasa (30/4).

Kujairi menjelaskan, pihaknya membawa sejumlah tuntutan ke Gubernur Jatim. Di antaranya penegakan supremasi hukum ketenagakerjaan, optimalisasi kinerja pengawasan ketenagakerjaan Disnakertrans Jatim.

Juga pemberantasan dan tindak tegas praktik kerja outsourcing dan kerja kontrak atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), serta menindak tegas pengusaha dzolim di Jatim.

“Kami juga menolak upah murah untuk buruh (pekerja) serta mendesak perbaikan pelayanan BPJS kesehatan untuk buruh. Karena pelayanan BPJS saat ini kami anggap lebih buruk dari pelayanan sebelumnya,” bebernya usai rapat koordinasi di kantor DPC Sarbumusi NU Sidoarjo, Jl KH Mukmin, Selasa (30/4).

Kata Kujairi, sekitar 20.000 buruh ini berasal dari buruh pabrik anggota Sarbumusi di ring satu, yakni Sidoarjo, Pasuruan, Mojokerto, Gresik dan Surabaya. Dalam aksinya, buruh Sarbumusi ini, selain menggelar panggung orasi, juga istighotsah dan doa bersama.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video