Sisir TBC, Pemkot dan TB Care Aisyiyah Kota Mojokerto Terjun ke CFD | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sisir TBC, Pemkot dan TB Care Aisyiyah Kota Mojokerto Terjun ke CFD

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Minggu, 28 April 2019 21:00 WIB

Sedot animo masyarakat. Puncak hari TBC di Alun-alun Kota Mojokerto. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Puncak peringatan hari Tuberculosis (TBC) sedunia di even Cat Free Day (CFD) Alun-alun Kota Mojokerto menyedot animo masyarakat. Sejumlah kegiatan digelar lembaga anti TBC-HIV Care Kota Mojokerto, Minggu pagi (28/4). Kegiatan ini mengusung tema “Ketahui Status TBC mu Sejak Sekarang ”.

Sepanjang pagi, masyarakat diajak untuk senam pagi bersama, lalu dilanjutkan dengan tes kesehatan gratis, screening TBC, penyuluhan tentang TBC dan cara penggunaan masker yang benar hingga pelepasan balon.

Tatik Lutfiati, Kepala SSR TBC-HIV Kota Mojokerto mengatakan, fenomena penderita TBC di Kota Mojokerto cukup tinggi. Sehingga, masyarakat perlu memahami gejalanya. “Kalau batuk berdahak selama dua minggu, ya harus periksa ke puskesmas. Apalagi disertai munculnya keringat dingin dan sesak nafas,” ungkapnya.

Tatik juga mrngatakan, TBC-HIV Care , mempunyai kewajiban untuk membantu pemerintah menangani hal ini. “Karena TBC ini harus dituntaskan. Maka masyarakat harus paham terhadap TBC dan cara penanggulangannya. Peran kita membantu pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan, untuk menguatkan kader-kader,” terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video