Warga Sekapuk Tolak Pemindahan Puskesmas ke Desa Bolo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Warga Sekapuk Tolak Pemindahan Puskesmas ke Desa Bolo

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Jumat, 26 April 2019 19:46 WIB

Bangunan Puskesmas Sekapuk. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Rencana Pemkab Gresik memindah Puskesmas Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah ke Desa Bolo ditolak sejumlah warga Sekapuk. Mereka beralasan, Puskesmas yang puluhan tahun berdiri itu sudah menjadi rujukan masyarakat untuk berobat.

"Puskesmas tidak pernah bikin ulah, tidak berpolusi. Puskesmas mengajari warga sadar gizi dan pentingnya lingkungan yang sehat, kok malah mau dipindahkan," ungkap Rif'atul Mubarokah salah satu warga kepada wartawan, Kamis (25/4).

Hal senada disampaikan Tokoh Masyarakat setempat, H Kahar. Ia mempertanyakan alasan Pemkab Gresik memindah Puskesmas Sekapuk ke Desa Bolo.

Sebab, Puskesmas yang dibangun pada 1979 itu telah sukses merubah budaya masyarakat Sekapuk yang sebelumnya lebih percaya terhadap dukun untuk urusan kesehatan, maupun persalinan. "Amat sayang jika saat ini dengan tingginya kesadaran warga dengan urusan kesehatan malah mau dipindahkan," katanya.

Selain itu, lanjut Kahar, puskesmas tersebut juga sudah banyak menuai prestasi. "Pada intinya kami keberatan jika benar-benar dipindah," ungkap pria yang pernah menjabat LKMD era 70-an ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   puskesmas gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video