Stabilkan Harga, TPID Jual Bawang dengan Harga Murah

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Arif Kurniawan
Kamis, 25 April 2019 17:59 WIB

Anggota TPID saat melayani pembeli bawang merah dan putih di depan lapangan Gajahmada Pesantren Kota Kediri. foto: ARIF K/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri menggelar pasar murah khusus komoditas bawang putih dan bawang merah di tiga lokasi bersamaan, Kamis (25/4).

Pasar murah yang dilakukan ini dalam rangka menstabilkan harga dua komoditas tersebut yang mengalami kenaikan cukup signifikan akhir-akhir ini. Seperti yang diketahui, untuk harga jual bawang merah di pasar tradisional saat ini mencapai Rp 37 - 40 ribu/kg dan bawang putih Rp 40 - 50 ribu/kg.

Kehadiran pasar murah tersebut mendapat antusias dari masyarakat lantaran harga jual dari komoditas itu dijual sangat murah bahkan bisa dibilang setengah harga. “Kami jual untuk bawang putih 24 ribu per kilo dan bawang merah 27 ribu per kilo,” kata Anggota TPID Edy Darmasto.

Untuk mengantisipasi aksi borong, kata Edy, pihak TPID hanya membolehkan tiap pembeli maksimal membeli 2 kilogram. “Kami batasi untuk setiap pembeli hanya boleh membeli maksimal 2 kilogram saja,” jelasnya.

Pasar murah ini digelar di tiga tempat secara bersamaan, yakni di Bundaran Sekartaji, Lapangan Gajah Mada Pesantren dan di depan Taman Makam Pahlawan, Jalan PK Bangsa.

Untuk agenda pasar murah ini akan dilakukan selama dua hari, yakni hari Kamis dan Jumat mulai pukul 08.00 pagi.

Sementara itu, Dwi salah satu pembeli mengaku cukup terbantu dengan adanya para murah ini. Sebab harganya jauh lebih murah disbandingkan di pasaran. (rif/rev)