TMMD 104, Satu Program Beribu Manfaat untuk Masyarakat Sumenep | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

TMMD 104, Satu Program Beribu Manfaat untuk Masyarakat Sumenep

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri
Rabu, 03 April 2019 15:06 WIB

Dandim 0827/Sumenep, Letkol Inf Ato Sudiatna.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dusun Sobi, Desa Larangan Kerta, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, merupakan salah satu daerah dari beberapa Dusun di Jawa Timur yang dijadikan sasaran pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104.

Program yang dahulu dikenal sebagai ABRI Masuk Desa (AMD) itu merupakan program kerja sama lintas sektoral antara TNI, Pemerintah Daerah, Polri, serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terpadu guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah terpencil, terisolasi, bahkan terbelakang.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam program itu, bertujuan untuk membantu masyarakat dari segala aspek kehidupan. Tidak hanya membangun insfrastruktur, akan tetapi juga membuka wawasan masyarakat Desa terkait arti hidup berbangsa dan bernegara.

Sobirin (42), salah satu warga Dusun Sobi mengatakan, aksi nyata TNI itu memang sangat dibutuhkan oleh warga. Harapan masyarakat memiliki akses jalan, hingga beberapa pembangunan fasilitas umum di dusun itu, akhirnya terpenuhi dengan adanya program TMMD.

“Kami sangat bersyukur sekali dengan adanya TMMD di lingkungan kami. Karena dulu sebelum ada (TMMD), jalan di lingkungan kami sangat memprihatinkan,” ungkapnya. “Alhamdulillah, setelah adanya TMMD, jalanan sempit di dusun kami sudah diperlebar. Kami sangat menghargai kerja keras TNI yang tidak mengenal waktu untuk membantu kami,” imbuhnya. Rabu, (3/4).

Ternyata, bukan hanya Dusun Sobi saja yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke-104 di Kabupaten Sumenep tersebut. Akan tetapi, terdapat beberapa dusun lainnya yang saat itu menjadi target pembangunan Satgas TMMD di bawah kendali Letkol Inf Ato Sudiatna. Beberapa di antaranya ialah Dusun Ba’saba’an dan Dusun Manjingan.

Selain merintis pembangunan jalan, TMMD di daerah itu juga menyasar pembangunan Madrasah Ibtidaiyah, renovasi rumah tidak layak huni dan tempat Musholla hingga beberapa pembangunan fasilitas umum lainnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   tmmd sumenep

Berita Terkait

Bangsaonline Video