Buah Kelengkeng Terbaik Kini Ada di Tuban | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Buah Kelengkeng Terbaik di Indonesia Kini Ada di Tuban

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Kamis, 28 Maret 2019 19:39 WIB

Direktur Buah dan Florikultural Kementan RI, Ir. Sri Wijayanti Yusuf saat menghadiri panen perdana buah kelengkeng di Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Buah kelengkeng jenis new kristal terbaik di Indonesia saat ini berada di Desa Sugihan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Hal ini dikatakan Direktur Buah dan Florikultural Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Ir. Sri Wijayanti Yusuf saat panen perdana kelengkeng di Desa Sugihan, Kamis (28/3).

"Menurut catatan kami, di Tuban ini kelengkengnya terbaik di Indonesia," ujar Sri Wijayanti.

Ia mengaku bangga dengan Kabupaten Tuban karena memiliki hamparan kebun yang menghasilkan buang kelengkeng super. Total, ada sekitar 32 hektar tanaman kelengkeng yang berada di Desa Sugihan. Dibanding daerah Blora dan Pati, Jawa Tengah, kebun kelengkeng di Tuban termasuk yang paling luas.

Menurut Wijayanti, panen perdana ini terbilang berhasil karena baru berumur 2,5 tahun kelengkeng sudah panen. Namun, ia berharap ke depan ada koperasi atau kemitraan di pasar guna memasarkan kelengkeng, baik di pasaran maupun ekspor. Tak hanya itu, dengan adanya koperasi atau lembaga khusus yang mengelola hasil panen kelengkeng, diharapkan bisa membuat investor maupun perbankan tertarik dengan desa Sugihan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video