​Kunjungi Ponpes Tebuireng Jombang, Menhan Minta Ulama dan Santri Terus Jaga NKRI | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Kunjungi Ponpes Tebuireng Jombang, Menhan Minta Ulama dan Santri Terus Jaga NKRI

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rony Suhartomo
Jumat, 15 Maret 2019 19:01 WIB

Menhan saat melakukan tabur bunga di kompleks makam Tebuireng.

JOMBANG, BAGSAONLINE.com - Menteri Pertahanan (), Ryamizard Ryacudu mengingatkan agar ulama dan santri harus mengambil peran sebagai garda terdepan untuk terus menjaga keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Indonesia adalah rumah kita bersama. Sebagai anak bangsa, apakah kalian rela jika ada sekelompok orang yang tidak mengerti yang ingin menghancurkan kedamaian dan ketenteraman yang kita miliki. Serta mereka juga ingin mengubah Pancasila dan menjadikan Indonesia menjadi bangsa tanpa keragaman atau negeri untuk satu golongan saja," kata dalam sambutannya saat memberikan ceramah Bela Negara kepada ratusan santri dan santriwati di Aula Pondok Pesantren , Jombang, Jawa Timur, Jumat (15/3).

Ia mengatakan, sebagai umat Islam yang Rahmatan Lil Alamin, semua harus bangga menjadi bangsa Indonesia, karena bangsa ini adalah bangsa besar dan negara besar.

"Para ulama dan santri semua yang hadir di sini lahir dari keturunan para pejuang dan patriot-patriot bangsa Indonesia. Saudara semua juga adalah pewaris utama kemurnian nilai-nilai Pancasila," kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini.

Oleh karena itu, semua harus menyadari bahwa marwah dan amanah yang mulia sebagai generasi penerus yang berkewajiban untuk melanjutkan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945, yakni mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur terutama untuk kemaslahatan dan kesejahteraan umat berdasarkan Pancasila.

Di hadapan para santri dan ulama Ponpes , menyebutkan mengapa semut bisa mengalahkan gajah? Hal itu karena semut memiliki etos budaya persatuan yang sangat tinggi.

"Bahkan, mereka tidak pernah bicara tentang dirinya. Mereka selalu berbicara tentang bangsanya, mereka bersatu dan gotong royong dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Mereka saling menghormati satu sama lain dan ketika mereka bersatu mereka kuat sekali, itulah Bela Negara," ujarnya.

Dari situ nampak jelas bahwa semangat kesadaran Bela Negara harus telah mendarah daging dalam diri masyarakat Indonesia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Tebuireng Menhan

Berita Terkait

Bangsaonline Video