Pacitan Bagian Penting Strategi Perang Gerilya Jenderal Soedirman | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kapusjarah TNI: Pacitan Bagian Penting Strategi Perang Gerilya Jenderal Soedirman

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Rabu, 13 Maret 2019 20:24 WIB

Lokasi syuting di Dusun Ketro, Desa Watukarung, Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Strategi perang gerilya yang dimulai dari kota Yogyakarta hingga Desa Sobo, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten dipimpin oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman. Perang tersebut dilaksanakan mulai bulan Desember 1948 hingga Juli 1949.

Strategi ini dilaksanakan untuk mengulur waktu sekaligus mengonsolidasikan kekuatan perlawanan bersenjata mempertahankan kemerdekaan dari Agresi Militer Belanda II. Dengan demikian, menjadi salah satu daerah penting dalam strategi perang gerilya tersebut.

Hal ini disampaikan Kapusjarah TNI Brigjen Prantara Santosa, S.Sos. M.Si. M.Tr.(Han) saat memberikan arahan kepada tim pendamping dan produser Film The East Indies yang berasal dari Belanda di kantor Pusjarah TNI Jakarta, sebelum berangkat menuju lokasi shooting daerah , Jawa Timur.

Selain mempunyai kaitan penting dalam sejarah perang kemerdekaan, mempunyai potensi wisata pantai yang sangat beragam. "Sehingga kehadiran kru dan kegiatan shooting The East Indies di wilayah ini akan memberikan dampak ekonomi dan pariwisata yang sangat baik bagi dan sekitarnya," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pacitan

Berita Terkait

Bangsaonline Video