Tukang Bersih-bersih Makam di Pacitan Alami Penurunan Omzet | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tukang Bersih-bersih Makam di Pacitan Alami Penurunan Omzet

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Rabu, 06 Maret 2019 16:21 WIB

Pak Kancil alias Suwarto, tukang bersih makam di TPU Giri Shampurna.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Beragam cara dilakukan orang untuk bisa memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. Salah satunya seperti yang dilakukan Suwarto. Sudah hampir tujuh tahun lebih warga Dusun Kebonredi, Desa Tanjungsari, Kecamatan/Kabupaten ini menekuni profesi sebagai tukang bersih-bersih pemakaman umum di TPU Giri Shampoerno, Desa Tanjungsari, .

Awal merintis usahanya pada tahun 2011 lalu, dia berhasil menggaet 120-an kepala keluarga (KK) yang merupakan ahli waris dari banyak makam untuk memanfaatkan jasanya sebagai tukang bersih-bersih kuburan.

Setiap makam, Suwarto atau yang akrab disapa Kancil ini hanya meminta imbalan sebesar Rp 3 ribu per bulan. "Setiap KK atau ahli waris rata-rata memiliki pemakaman keluarga lebih dari satu. Bahkan ada juga yang punya puluhan makam keluarga," tuturnya, Rabu (6/3).

Dari hasil usahanya sebagai tukang bersih-bersih pemakaman, Suwarto setiap bulannya bisa mendapatkan hasil lumayan untuk menghidupi istri dan keempat anaknya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pacitan

Berita Terkait

Bangsaonline Video