Target PAD dari Sektor Retribusi Pasar Daerah Tak Dinaikkan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Kamis, 14 Februari 2019 14:15 WIB

Plaza Gempol, salah satu pasar daerah yang baru saja direhab.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Potensi pundi-pundi PAD dari retribusi pasar daerah di tahun ini 2019 diproyeksikan tidak ada kenaikan. Data yang dimiliki Bangsaonline.com dari Disperindag Kabupaten Pasuruan menyebutkan, PAD dari retribusi pasar ditarget sebesar Rp 3,96 miliar pada 2019.

"Kalau target PAD pasar tahun ini tak ada kenaikan, sama dengan tahun lalu yakni Rp 3,96 miliar," jelas Edy Suwanto, Kepala Disperindag Pasuruan.

Pertimbangan tidak adanya kenaikkan PAD tersebut, kata Edy, dikarenakan ada rencana relokasi para pedagang di beberapa pasar yang tahun 2019 akan direhab. Sehingga, target di masing-masing pasar juga akan mengalami penurunan karena aktivitas pedagang nanti belum bisa maksimal.

"Meski demikian, bukan berarti upaya menaikkan target PAD tidak dilakukan sama sekali. Ada beberapa Pasar di Kabupaten Pasuruan yang tahun ini dibangun. Di antaranya Pasar Prigen, Pasar Nguling, dan Pasar Bangil yang terbakar tahun lalu. Pembangunan tersebut secara langsung berdampak pada pemungutan retribusi kepada pedagang," jelasnya lagi. 

Pihak juga mengaku melakukan evaluasi setiap bulan terkait realisasi capaian PAD beberapa pasar. "Jika memang bisa dinaikkan, akan segera dilakukan penyesuaian. Rencana untuk menaikkan PAD Pasar akan dilakukan di P-APBD nanti," pungkasnya. (bib/par/rev)