Belum Penuhi Komitmen, Usaha Hiburan Diprotes Warga | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Belum Penuhi Komitmen, Usaha Hiburan Diprotes Warga

Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Selasa, 12 Februari 2019 11:33 WIB

Karangan bunga ucapan selamat dari beberapa pejabat.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Keberadaan usaha hiburan Ivanka Movie Home di sepanjang Jalan Gatot Subroto, tepatnya di lingkungan Cuwik Kelurahan Ploso, Kecamatan/Kabupaten , memunculkan gejolak. Warga sekitar banyak yang tak setuju dengan usaha tersebut. Apalagi sampai saat ini izin operasional mereka belum kelar. Namun, sudah melakukan grand opening dan beroperasi sejak selama sepekan ini.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanaan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Prasetyo Wibowo menegaskan Ivanka Home Movie sudah mengajukan izin secara online. Sebab, pengajuan izin usaha saat ini dilakukan melalui aplikasi OSS.

"Karena lokasi usaha di bawah satu hektare, secara sistem memang mereka sudah mendapatkan nomor izin berusaha (NIB) dan izin lokasi. Akan tetapi di dalamnya tercantum beberapa komitmen yang harus dipenuhi pengaju izin. Misalnya dokumen lingkungan. Saat ini mereka baru memenuhi dua unsur awal, yaitu NIB dan izin lokasi. Sedangkan komitmen persyaratan perizinan lainnya belum terpenuhi," ujar Prasetyo, Selasa (12/2).

Sebagaimana diketahui, dalam sistem perizinan dengan aplikasi OSS ada enam unsur dan komitmen perizinan yang harus dipenuhi setiap pengaju perizinan. Di antaranya pendaftaran, komitmen pemenuhan persyaratan perizinan prasarana usaha, perizinan usaha (Tanda Daftar Usaha Pariwisata), pemenuhan perizinan komersial/operasional, dan fasilitas.

"Dari enam unsur tersebut, pemilik usaha Ivanka Movie Home baru memenuhi unsur pendaftaran untuk menerbitkan NIB dan izin lokasi. Unsur dan komitmen lainnya sampai saat ini belum dipenuhi," bebernya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pacitan

Berita Terkait

Bangsaonline Video