Penyuka Sesama Jenis Duduki Peringkat Kedua Penyumbang HIV/AIDS di Kota Blitar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Penyuka Sesama Jenis Duduki Peringkat Kedua Penyumbang HIV/AIDS di Kota Blitar

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
Kamis, 17 Januari 2019 16:20 WIB

Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar M. Muchlis.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan Kota Blitar mencatat 175 kasus HIV/AIDS sejak pertama kali ditemukan 2004 hingga 2018. Dari jumlah tersebut, perilaku seksual menyimpang atau penyuka sesama jenis menduduki peringkat kedua penyumbang angka penderita HIV/AIDS. Jumlahnya mencapai 26 penderita. 

Sedangkan di posisi pertama masih didominasi oleh perilaku seks bebas dengan jumlah penderita mencapai 143 orang.

"Ada sekitar 175 kasus. Dari total 175 kasus ini heteroseksual atau seks bebas mencapai 143 orang, penyuka sesama jenis sebanyak 26 orang, penularan dari ibu ke anak 3 orang dan penularan melalui jarum suntik penggunaan narkoba 2 orang," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar M. Muchlis, Kamis (17/1/2019).

Penemuan jumlah kasus tersebut, lanjut dia, berasal dari pemeriksaan oleh petugas terkait yang tersebar mulai tingkat kelurahan hingga kecamatan.

Dengan kondisi ini, Dinkes Kota Blitar melakukan sejumlah upaya untuk menekan angka penularan HIV/AIDS. Upaya pencegahan yang dilakukan diantaranya dengan proaktif menemukan penderita sedini mungkin. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video