​Komisi E Dukung Pendidikan Kebencanaan Masuk Kurikulum | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Komisi E Dukung Pendidikan Kebencanaan Masuk Kurikulum

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Jumat, 11 Januari 2019 19:27 WIB

Moch Eksan, Anggota Komisi E DPRD Jatim. Foto: DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - alam yang terjadi mulai Lombok, Palu, Donggala hingga yang terbaru di Pandeglang dan Lampung Selatan membuat publik prihatin. Pasalnya bencana itu tidak hanya menimbulkan kerusakan fisik dan kerugian materi. Tetapi juga korban jiwa dan luka-luka yang tidak sedikit. Belum lagi trauma psikis yang harus ditanggung seumur hidup.

Berkaca dari kondisi tersebut, DPRD Jawa Timur berharap warga Jawa Timur harus lebih siap menghadapi kemungkinan datangnya bencana alam yang bisa datang setiap saat. Apalagi kondisi alam di Jatim berpotensi bencana alam seperti banjir, longsor, gunung meletus hingga .

Karena alasan itu, anggota Komisi E DPRD Jatim, Moch Eksan berharap adanya pendidikan kebencanaan yang diajarkan kepada warga Jawa Timur. Bahkan dirinya mendukung pendidikan kebencanaan masuk dalam kurikulum pendidikan dan pengajaran di sekolah. Dengan demikian, setiap orang mampu menghadapi resiko bencana yang bisa datang setiap saat.

"Saya mendukung ide Presiden Jokowi yang memasukan edukasi dan mitigasi bencana dalam kurikulum. Saya berharap pendidikan kebencanaan diajarkan di sekolah, mulai sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Kalau perlu siswa taman kanak-kanak (TK) juga sudah diajarkan," tutur Eksan, Jumat (11/1).

Anggota Fraksi NasDem-Hanura ini menyontohkan, Jepang adalah negara yang paling sering dilanda bencana alam. Namun hampir setiap terjadi bencana minim korban dan kerusakan fisik. Hal itu karena sejak lama Jepang mengajarkan warganya tentang pendidikan kebencanaan. Sehingga mereka paham apa yang harus dilakukan saat dan panca bencana terjadi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video