Jelang Tahun Baru, Satlantas Polres Bojonegoro Buru Pengguna Knalpot Brong

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Rabu, 26 Desember 2018 21:58 WIB

TAK BERKUTIK: Seorang remaja sedang dihentikan anggota Satlantas Polres Bojonegoro karena menggunakan knalpot brong.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Perayaan Tahun Baru 2019 yang tinggal beberapa hari disikapi Satuan Lalulintas Polres Bojonegoro dengan melakukan penindakan terhadap kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong.

Kasatlantas Polres Bojonegoro AKP Aristianto mengatakan, penindakan terhadap pelanggaran knalpot brong dilaksanakan setiap hari dengan sistem hunting keliling jalan raya.

"Penindakan ini kita lakukan karena knalpot brong cukup meresahkan masyarakat, akibat polusi maupun suara yang dihasilkan," terang Kasatlantas Rabu, (26/12/18).

Jajarannya juga sudah melaksanakan sosialisasi larangan penggunaan knalpot tidak sesuai spek pabrik. Sosialisasi dilakukan kepada pemilik toko modifikasi maupun bengkel las untuk tidak melayani pemasangan knalpot brong.

"Hal ini dilaksanakan dengan tujuan agar dalam perayaan malam pergantian tahun 2019 dapat berjalan kondusif," ujarnya.

Apabila masih ada masyarakat yang nekat menggunakan knalpot brong, dia menegaskan akan ditindak dengan tilang. Selain itu, kendaraannya akan disita sebagai barang bukti hingga pelaksanaan sidang setelah tahun baru.

"Kendaraan akan dikembalikan setelah ada putusan sidang dengan catatan knalpot dikembalikan aslinya atau sesuai dengan spekteknya," pungkas Kasatlantas.

Hingga Rabu, (26/12) sudah ada ratusan sepeda motor yang ditindak akibat menggunakan knalpot brong. Ratusan motor saat ini diamankan di halaman Satlantas Polres Bojonegoro. (nur/rev)