Rusak Akibat Dilewati Truk Tambang, Puluhan Warga Desa Penataan Pasuruan Tutup Jalan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Rusak Akibat Dilewati Truk Tambang, Puluhan Warga Desa Penataan Pasuruan Tutup Jalan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fuad
Selasa, 25 Desember 2018 14:07 WIB

Warga saat melakukan pemblokiran jalan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga Desa Penataan, Winongan, Kab. Pasuruan melakukan penutupan jalan desa setempat, kemarin Senin (24/12). Aksi ini dilakukan lantaran mereka geram dengan aktivitas truk pengangkut tambang pasir, tanah uruk, dan batu belah yang lalu lalang setiap hari hingga membuat jalan rusak.

Warga memblokir jalan dengan balai-balai (amben). Amben tersebut diletakkan di tengah jalan sambil diduduki. Warga juga membeber sejumlah poster bertuliskan nada protes. Intinya, warga minta supaya dump truk tambang tidak lagi melintas di jalan desanya, serta meminta kepada pengelola tambang agar segera memperbaiki jalan yang rusak.

Akibat jalan diblokir warga, ratusan dump truk pengangkut pasir, batu, dan tanah uruk, sempat terhenti total. Ratusan dump truk yang tidak bisa jalan membentuk antrean panjang.

“Jalan kami rusak. Percuma dong diperbaiki oleh pemerintah lalu rusak lagi. Lihat saja jalan yang ada di depan SDN Penataan ke selatan, semuanya hancur. Dump truk ini ngawur dan seenaknya sendiri,” tegas Febri, seoarang warga kepada BANGSAONLINE.com di TKP.

"Dampak lainnya, debu akibat dari lalu lalang dump truk, rumah warga sangat kotor. Tumbuhan pinggir jalan dan pertanian yang kena debu banyak yang mati. Warga sudah minta ke Kades agar dump truk ini segera dihentikan. Tapi hingga aksi demo dilakukan, Kades tidak pernah merespon," tambah Febri.

Febri mengaku sempat ada dialog antara penambang dengan warga yang ditengahi anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, Abu Bakar alias Ayub. Hasil dialog, kata Febri, Agus S selaku wakil penambang berjanji bahwa hari ini (Selasa, 25/12/2018) akan mendatangkan alat berat untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Tambang Pasuruan

Berita Terkait

Bangsaonline Video