Kegigihan Slamet Warga Jelakombo Jombang: Tak Menyerah Meski Idap Polio | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kegigihan Slamet Warga Jelakombo Jombang: Tak Menyerah Meski Idap Polio

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Rony Suhartomo
Rabu, 05 Desember 2018 14:55 WIB

Slamet saat mengerjakan sangkar burung. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Keterbatasan fisik tak membuat Slamet (61) menggantungkan hidupnya ke orang lain. Meski kedua kakinya cacat akibat polio, dia memilih bertahan hidup dengan menjadi pengrajin sangkar burung.

Ditemui di rumahnya, Dusun/Desa Jelakombo, Kecamatan/Kabupaten , Slamet tengah sibuk dengan pekerjaannya. Ya, bapak dua anak ini menjadikan teras rumah semi permanen itu sebagai bengkel kerja.

Tangannya tampak cekatan memotong setiap bilah kayu sesuai dengan pola yang sudah dibuat sebelumnya. Dengan telaten, dia menghaluskan permukaan potongan-potongan kayu itu secara manual dengan ampelas.

Lantas dengan alat bor, dia membuat lubang-lubang sebagai tempat memasang jeruji sangkar. Slamet pun merangkai kayu-kayu yang telah dihaluskan menjadi sebuah sangkar burung.

Kondisi kedua kaki Slamet yang kecil tak seperti kaki pria dewasa pada umumnya, tak menghambat kesibukannya membuat sangkar burung. Sesekali dia harus beranjak dari tempat duduknya untuk mengambil peralatan atau bahan yang dibutuhkan.

Untuk berjalan, kakek 4 cucu ini menggunakan dua tongkat ketiak sekaligus. Hanya kaki kirinya yang bisa menapak ke tanah. Sementara kaki kanan Slamet terlihat mengecil dan bengkok.

"Kelainan sejak kecil, sejak usia 1 tahun. Kata ibu saya saat itu saya sudah bisa jalan, tapi kemudian kena polio," kata Slamet kepada wartawan di rumahnya, Senin (5/12/2018).

Kedua kakinya yang tak sempurna membuat Slamet tak punya kesempatan bekerja seperti orang lain. Terlebih lagi dia tak pernah mengenyam pendidikan.

Namun, Slamet enggan berpangku tangan. Saat usianya baru 13 tahun, yakni pada tahun 1970, Slamet mulai belajar membuat sangkar burung. Bisnis inilah yang dia tekuni sampai saat ini. "Kesibukan sehari-hari hanya membuat sangkar burung," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Jombang inspiratif

Berita Terkait

Bangsaonline Video