Bersama Bupati, Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Panen Jagung di Tambakboyo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bersama Bupati, Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Panen Jagung di Tambakboyo

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Minggu, 11 November 2018 20:36 WIB

Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI didampingi Bupati Tuban menunjukkan hasil panen jagung.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Sumardjo Gatot Irianto melakukan kunjungan ke Kabupaten Tuban dalam rangka panen raya jagung di Desa Sotang, Kecamatan Tambakboyo, Sabtu (10/11) kemarin. Dalam kunjungannya, Sumarjoko Gatot didampingi Bupati Tuban H Fathul Huda, Aster Kasdam V/BRW, Danrem 072/CPYJ, Waaster Kasad, Dandim 0811, Wabup Tuban, Kepala Dinas Pertanian Tuban dan Camat Tambakboyo

Dalam kesempatan itu, Dirjen menyikapi keluhan petani soal panen raya jagung di musim hujan. Ia menyatakan bahwa Kementan siap memberikan lima alat pengering untuk petani Kabupaten Tuban. “Syaratnya, administrasinya harus selesai kurang dari sepekan, itu harapan kami,” paparnya.

Ia juga mengajak petani Tuban untuk menanam menggunakan sistem tumpang sari jagung dan padi. “Apabila dilaksanakan, Kementan berjanji akan menambah jumlah pupuknya. Dalam satu hektar harus ada jagung dan padinya secara rapat. Tumpang sari ini untuk mengurangi risiko gagal panen. Diharapkan ke depan biaya produksi pertanian murah, dan hasilnya banyak,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Dirjen mengingatkan para produsen untuk tidak langsung menjual jagung ke perusahaan besar. Ia meminta para petani turut memikirkan peternak ayam di sekelilingnya supaya tidak ada kesenjangan harga.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video