Masuki Musim Penghujan, BPBD Blitar Ingatkan Potensi Bencana | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Masuki Musim Penghujan, BPBD Blitar Ingatkan Potensi Bencana

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Minggu, 11 November 2018 17:14 WIB

Pohon tumbang rawan terjadi saat hujan deras disertai angin.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar mengimbau warga untuk waspada bencana yang mungkin terjadi ketika datang musim penghujan. Terutama di wilayah yang selama ini menjadi langganan bencana banjir, puting beliung, dan tanah longsor.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Heru Irawan menuturkan, intensitas hujan di Kabupaten Blitar sudah mulai meningkat. Meningkatnya intensitas hujan ini harus dijadikan momen untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana. Sejumlah personel BPBD juga disiapkan untuk segera menyiapkan rencana tanggap bencana.

"Semua potensi bencana bisa terjadi ketika memasuki musim cuaca yang tidak menentu seperti saat ini. Seperti diketahui, di Kabupaten Blitar ada beberapa wilayah yang rawan bencana seperti tanah longsor. Utamanya di Kecamatan Doko, Wlingi, Gandusari, Selorejo merupakan daerah rawan terjadi tanah longsor karena kondisi geografirnya berbukit. Selain itu, semua wilayah di Kabupaten Blitar rawan puting beliung. Utamanya saat terjadi hujan lebat disertai dengan angin kencang dan petir," papar Heru Irawan, Minggu (10/11/2018).

Dikatakannya, selain tanah longsor, adapula wilayah yang rawan banjir. Seperti di Kecamatan Garum, Nglegok, dan Gandusari rawan terjadi banjir lahar dingin. Karena tiga wilayah itu dilewati aliran lahar Gunung Kelud. Sementara di wilayah Wonodadi dan Sutojayan yang rawan banjir akibat luapan sungai.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video