Pertamina Lepas Empat Ekor Rusa Timor Hasil Tangkaran | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pertamina Lepas Empat Ekor Rusa Timor Hasil Tangkaran

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Soffan Soffa
Selasa, 06 November 2018 12:23 WIB

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - PT Asset 4 Field Cepu melepas-liarkan 4 (empat) ekor Rusa Timor (Cervus timorensis) di UPT Taman Hutan Raya Raden Soerjo, Wanawisata Watu Lumpang, Mojokerto, Senin (5/9) kemarin.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali di Indonesia dan merupakan sebagai exit strategy CSR keanekaragaman hayati PT Asset 4 Field Cepu yang diprakarsai sejak tahun 2013.

M. Ibnu Wardhana, Asset 4 Legal & Relations mengatakan, rusa yang dilepas ini merupakan hasil penangkaran Perum Perhutani KPH Parengan. “Mulanya hanya 11 ekor rusa, kini sudah mencapai 45 ekor di BKPH Malo. Setelah kami berhasil mengembangkan jumlah rusa, maka di tahun ini kami melepas sebanyak 10% dari populasi yang ada,“ kata Ibnu.

Seperti diketahui, Rusa Timor adalah termasuk jenis satwa yang dilindungi menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN). Sebagai salah satu unit penangkaran rusa timor di wilayah BKSDA Jawa Timur, KPH Parengan mendukung kegiatan pelepasliaran satwa hasil penangkaran ke habitat alaminya.

Dewi J. Putriani, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur mengatakan, tujuan pelepasliaran rusa timor adalah sebagai salah satu strategi dalam upaya meningkatkan populasi rusa timor di habitat alaminya. “Kita perlu menjaga keanekaragaman hayati di Indonesia dan program ini dapat dijadikan contoh sinergitas peran dan keterlibatan multi pihak mulai dari pemerintah, BUMN, civitas akademika dan masyarakat dalam mendukung upaya pengawetan spesies tumbuhan dan satwa,” tegasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video