HSN 2018, Terus Tunjukkan Kontribusi Santri Demi Indonesia yang Bermartabat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

HSN 2018, Terus Tunjukkan Kontribusi Santri Demi Indonesia yang Bermartabat

Editor: Redaksi
Wartawan: Catur Andy
Senin, 22 Oktober 2018 19:29 WIB

Muhammad Mahmuda, Calon Ketua PKC PMII Jawa Timur.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Penetapan (HSN) tanggal 22 Oktober ini disambut baik oleh berbagai elemen masyarakat, terutama bagi keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU). Melalui penetapan HSN, bahwa pemerintah sudah mengakui santri berperan besar dalam pergerakan perjuangan Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

Kemerdekaan indonesia memang tidak lepas dari peran santri dan ulama. Tercatat banyak ulama dan santri yang ikut berperang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Salah satunya melalui Resolusi Jihad yang dicetuskan oleh Pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 di Surabaya untuk mencegah kembalinya tentara kolonial belanda yang mengatasnamakan NICA.

KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama pendiri NU menyerukan jihad dengan mengatakan bahwa “Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu’ ain atau wajib bagi setiap individu“.

Seruan Jihad yang dikobarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari itu membakar semangat para santri Arek-arek Surabaya untuk menyerang markas Brigade 49 Mahratta pimpinan Brigadir Jenderal Aulbertin Walter Sothern Mallaby.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video