Koarmada II Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Koarmada II Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H

Editor: Redaksi
Wartawan: --
Kamis, 27 September 2018 12:49 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., menghadiri acara Peringatan Tahun Baru Islam 1440 H, bertempat di gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) , Ujung Surabaya, Kamis (27/09/2018). Mengambil tema "Dengan Hikmah Tahun Baru Islam 1440 H Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT Guna Membentuk Prajurit TNI Yang Militan, Loyal dan Profesional", Pangkoarmada hadir dengan didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) II Ny. Retno Didik Setiyono, beserta seluruh prajurit dan ASN .

Mengawali acara, sambutan Pangkoarmada II menyampaikan bahwasannya tanggal 1 Muharram merupakan awal perhitungan tahun di dalam kalender Islam. Ia menjelaskan bahwa penetapan tahun baru Hijriyah ini dimulai sejak jaman Khalifah kedua Umar Bin Khatab R.A, setelah wafatnya Rasulullah SAW.

"Dari hasil kesepakatan kaum Muslimin pada saat itu menetapkan 1 Muharram menjadi awal tahun baru Islam karena di dalamnya terkandung nilai, kepentingan, dan hikmah yang sangat besar dalam rangka penyebaran ajaran agama Islam dan upaya menegakkan keadilan dan menghancurkan kebatilan," urainya.

Menurut Pangkoarmada, peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H merupakan peristiwa simbolis yang mengandung harapan bagi umat Islam untuk meraih pengharapan yang lebih baik. Tahun baru yang didasarkan pada keyakinan dan kesadaran terhadap peristiwa penting dalam kehidupan Nabi besar Muhammad SAW yaitu Hijrahnya beliau dari kota Makkah ke Madinah.

"Peringatan dari peristiwa tersebut diharapkan agar umat Islam dapat memetik hikmah dan mengambil nilai-nilai keteladanan, keteguhan, semangat juang, keimanan dan sikap percaya diri dari Nabi Muhammad SAW dalam meninggalkan keburukan menuju kehidupan yang lebih baik. Tentunya peristiwa tersebut akan mengilhami kita dalam setiap sikap dan perilaku, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalm melaksanakan tugas," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Koarmada II

Berita Terkait

Bangsaonline Video