Gandeng Unirow, KPP Pratama Tuban Berharap Masyarakat Sadar Pajak

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Selasa, 25 September 2018 20:33 WIB

Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani memotong pita tanda diresmikannya Tax Center.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kurangnya kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajibannya membayar pajak, membuat Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tuban berinovasi dengan melibatkan pihak Kampus.

Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban menjadi satu-satunya kampus di Kabupaten Tuban yang ditunjuk sebagai mitra dengan menggelar kuliah umum dan membentuk Tax Center di dalam kampus.

Setidaknya terdapat 10 mahasiswa yang didapuk menjadi duta pajak dan diharapkan mampu menumbuhkan mayarakat sadar terhadap pajak dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mereka miliki.

"Melalui duta pajak mahasiswa dan membuka kantor pelayanan Tax Center di kampus Bumi Ronggolawe, diharapkan target sadar membayar pajak bisa terpenuhi," ujar Kepala KPP Pratama Tuban, Eko Ratnadi Susetyo, Selasa (25/9).

Kepala Kanwil DJP Jawa Timur Neilmaldrin Noor mengatakan, penerapan dan penguatan edukasi kesadaran pajak terhadap perguruan tinggi telah diatur dalam undang-undang. Melalui program ini, mereka para mahasiswa juga nantinya ikut berpartisipasi menyuarakan kepada masyarakat, khususnya Tuban, agar membayar pajak ke pemerintah, melalui kegiatan edukasi.

"Secara keseluruhan tingkat wajib pajak di Jatim ini memang sudah mengalami kemajuan, ada sekitar 80 ribu lebih," katanya di Tuban.

Program ini, lanjut dia, juga sudah disepakati oleh Kemenrisekdikti, agar setiap fakultas dan prodi pendidikan wajib disisipi mata kuliah perpajakan, yang bertujuan dapat membekali diri mereka selepas mengenyam di bangku perkuliahan. Mereka yang sudah mengerti, jika di kemudian hari ingin membuka usaha maka sudah pasti kewajiban membayar pajak akan dipenuhi. Hadirnya program Tax Center ini juga sangat membantu pihak kampus dalam membayar pajak. Baik penelitian, pajak pegawai dan lainnya.

"Masyarakat jika mengetahui kalau di Unirow ini ada kantor pajak yang bisa melayani, maka masyarakat sekitar tidak usah repot-repot datang ke kantor cabang, cukup di sini saja. Mereka juga bisa berkonsultasi dengan pegawai kami," jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani berharap diresmikannya Tax Center ini dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat supaya lebih sadar terhadap pajak.

"Selama ini para mahasiswa telah dibekali dengan mata kuliah kewirausahaan yang nantinya akan menumbuhkan wirausahawan yang taat membayar pajak," pungkasnya. (gun/rev)