DPP Tuban Periksa Daging Kurban

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Rabu, 22 Agustus 2018 20:14 WIB

Petugas mengambil sampel daging untuk diperiksa.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebelum dibagikan pada masyarakat, daging kurban di wilayah Kabupaten Tuban diperiksa terlebih dahulu oleh petugas kesehatan hewan Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) kabupaten setempat, Rabu (22/8).

Pemeriksaan itu dilakukan di beberapa masjid dan musholla. Di antaranya, Masjid Agung, Masjid Darussalam, Masjid Rahmad, Masjid Al Fadjri, Masjid Al Falah, Masjid Mubarok, Masjid Mondokan, dan Perumdin Semen Indonesia. Beberapa musholla yang melakukan banyak penyembelihan hewan kurban juga tak luput pemeriksaan.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan DPP, Basoeki Tjahyono kepada wartawan mengungkapkan, pemeriksaan itu sebagai upaya pencegahan adanya kemungkinan daging kurban baik sapi ataupun kambing yang terjangkit penyakit berbahaya. Hasil pemeriksaan daging kurban, tidak ditemukan daging maupun organ tubuh hewan kurban yang terindikasi penyakit membahayakan.

"Alhamdulillah selama pemeriksaan hasilnya sehat dan daging rata-rata kondisinya baik," paparnya.

Basoeki mengimbau, kepada masyarakat agar berhati-hati ketika akan mengonsumsi daging kurban. "Pastikan bahwa daging tersebut layak dikonsumsi dan tidak berbau busuk maupun sejenisnya. Cara masak juga harus tepat agar daging dalam kondisi higienis," pesannya. (gun/rev)