Rica-rica Menthok Nasi Jagung Wonosalam; Pedasnya, Manisnya Alamaak!...

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Rony Suhartomo
Sabtu, 28 Juli 2018 17:17 WIB

Rica-rica menthok yang dipadu dengan nasi jagung.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Banyak tempat yang bisa dikunjungi warga jika berkunjung ke Kecamatan Wonosalam. Baik berupa tempat wisata alam dengan pemandangan menarik maupun kuliner yang memanjakan lidah. Salah satunya kuliner rica-rica menthok nasi jagung ala Pak Slamet (52).

Rumah makan yang ada di Desa Sumber Kecamatan Wonosalam itu praktis sering dikunjungi warga, tidak hanya dari Jombang saja melainkan juga dari beberapa kota di sekitar Jombang seperti Kediri, Mojokerto, Surabaya, hingga Malang.

Sekilas tidak jauh berbeda dengan sajian rica-rica pada umumnya. Hanya saja, olahan ala Slamet ini memiliki cita rasa yang pedas manis dengan dipadukan nasi jagung sehingga cocok jika disantap sambil menikmati segarnya udara di Wonosalam.

"Rica-rica di sini makannya pakai nasi jagung," kata Slamet kepada wartawan di tengah kesibukannya melayani pembeli, Sabtu (28/7).

Untuk memasak, Slamet mengaku tidak menggunakan kompor. Ia lebih memilih memasak di atas tungku dengan sumber nyala api dari kayu bakar. Sedangkan dari sisi bumbu, Slamet menggunakan bumbu rempah khusus dan cabai yang cukup banyak.

"Dari pada ayam, daging menthok memiliki rasa yang berbeda. Kami juga memadukan dengan nasi jagung karena saat ini banyak yang menyukai makanan rendah karbohidrat," paparnya.

Dalam sehari, lanjut Slamet, warungnya menghabiskan sekitar 19 sampai 20 ekor menthok untuk diolah menjadi rica-rica. "Untuk satu porsi rica-rica menthok nasi jagung cukup Rp 20 ribu saja," tandasnya.

Sementara, Joko Suprayogo (47) pembeli asal Kota Surabaya mengatakan jika rasa pedas rica-rica menthok nasi jagung sangat nikmat. "Apalagi sekitar sini hawanya sejuk. Cocok dengan makanan bercita-rasa pedas. Harganya juga cukup terjangkau," tutupnya. (rony suhartomo)