Sejumlah Obyek Wisata di Gresik Utara yang Menarik Dikunjungi untuk Mengisi Libur Lebaran | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sejumlah Obyek Wisata di Gresik Utara yang Menarik Dikunjungi untuk Mengisi Libur Lebaran

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Minggu, 17 Juni 2018 14:28 WIB

Pantai Mengare yang masih jarang dijamah wisatawan. foto: Good News from Indonesia

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Suasana libur lebaran Hari Raya tak bisa lepas dari kebiasaan masyarakat untuk mengisinya dengan berlibur ke tempat wisata. Hal ini alih-alih untuk menghilangkan rasa penat setelah setahun penuh bekerja, khususnya mereka yang bekerja di perantauan.

Di Kabupaten Gresik, khususnya di wilayah Gresik Utara banyak obyek wisata baik alam maupun bahari yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini ulasan BANGSAONLINE.com tentang sejumlah obyek wisata yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H di wilayah Gresik Utara.

1. Wisata Muara Bengawan Solo (WMBS) dan Agro Wisata Petik Buah (AWPB).

Obyek wisata ini berada di Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah. WMBS adalah wisata naik perahu menyusuri aliaran Sungai Bangawan Solo yang menghubungkan ke laut lepas.

Di sana, panoramanya sangat indah. Terlebih pada pagi hari dan sore hari. Para pengunjung bisa mancing dan berselfie ria.

(Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Qolib (kanan) saat mengungjungi AWPB beberapa waktu lalu)

Di Desa Pangkahwetan yang dipimpin Kepala Desa Saifullah Mahdi ini juga ada agro wisata Petik buah. Pengunjung bisa petik bermacam-macam buah di sana. Mulai jeruk, kelengkeng, rambutan, nanas, dan sejumlah buah segar lain yang ditanam.

2. Wisata Alam Gosari dan Sekapuk (Wagos).

Untuk obyek Wagos berada di Desa Gosari dan Wisata Selo Tirto Giri (Setigi) berada di Desa Sekapuk. Keduanya di Kecamatan Ujungpangkah.

Obyek wisata ini juga bisa menjadi alternatif para wisatawan untuk mengisi libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Di kalangan masyarakat Kabupaten Gresik, Wagos terbilang baru. Namun, beberapa obyek wisata buatan yang ditawarkan sangat kekinian sehingga cocok untuk muda-mudi berlibur. Di sana juga instagramable sehingga cocok bagi yang hobi jeprat jepret karena terdapat puluhan area swafoto yang asyik.

Masih di kompleks wisata, pengunjung dapat mengunjungi situs peninggalan masa lampau berupa prasasti.

Sementara di Wisata Setigi, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih segar. Pahatan gunung kapur yang alami menjadi daya tarik untuk melakukan swafoto. 

(Wisata Setigi yang tengah hits di Gresik wilayah utara)

Menurut pengelola wisata, di areal tersebut juga akan dikembangkan berbagai fasilitas lainnya antara lain kolam air buatan.

3. Wisata Bukit Surowiti (WBS)

Obyek WBS menawarkan keindahan alam berupa pemandangan Gresik yang bisa dilihat dari atas perbukitan. Untuk mengunjunginya, pengunjung harus menaiki ribuan anak tangga.

Tapi, jika tidak mau ribet, para warga memberikan layanan ojek yang bisa mengantarkan pengunjung ke lokasi wisata, tentunya dengan merogoh kocek tambahan.

Bagi yang ingin wisata religi, di WBS juga terdapat beberapa petilasan, antara lain petilasan Kali Buntung, makam Mpu Supo (Adik Ipar Sunan Kalijaga), Makam Raden Bagus Mataram, Petilasan Tapa Ngeluweng Sunan Kalijaga, dan Gua Langseh.

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, di lokasi tersebut biasanya digunakan oleh komunitas atau mahasiswa untuk olahraga panjat tebing.

4. Wisata Pasir Putih Dalegan (WPPD)

(Pantai Delegan ramai pengunjung saat libur lebaran)

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   wisata gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video