Mengintip Kegiatan Santri Lansia Saat Bulan Ramada di Jombang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mengintip Kegiatan Santri Lansia Saat Bulan Ramadan di Jombang

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Ronny Suhartomo
Senin, 21 Mei 2018 09:23 WIB

Ratusan lansia mengisi hari-hari selama ramadan dengan mondok di Ponpes Darul Ulum Jombang. Tampak sebagian dari mereka sedang membaca Alquran. foto: Rony Suhartomo/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Suasana Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, Jombang, Jawa Timur tak seperti biasanya saat bulan Ramadan tiba. Tak hanya santri remaja, namun salah satu pondok terbesar di Kota Santri ini juga dipenuhi ratusan wanita lansia.

Lantunan ayat suci menggema diseluruh sudut ruangan masjid. Nampak, puluhan wanita tua dengan khusyuknya membaca rangkaian firman Tuhan yang diturunkan ke Nabi Muhammad SAW itu. Ya mereka adalah para santri yang selalu memenuhi pondok pesantren ini kala bulan Suci Ramadan tiba.

Pengasuh Ponpes Darul Ulum KH Kholil Dahlan menuturkan, para wanita tua ini merupakan penganut metode zikir Tarikat Qadiriyah wa Naqsabandiyah. Setiap tahun, saat bulan Ramadan, mereka selalu datang ke Ponpes Darul Ulum Rejoso, Jombang untuk mendekatkan diri ke pada Tuhan.

“Orang-orang tua yang kita tampung di Ponpes Darul Ulum Ini, rata-rata pengikut metode zikir Tarikat Qadiriyah wa Naqsabandiyah. Secara tradisi sejak orang-orang tua mereka terdahulu itu memang selalu menghabiskan bulan Ramadan di Ponpes Darul Ulum ini,” tuturnya kepada wartawan, Senin (21/5/2018).

Ketua Majelis Ulama (MUI) Jombang itu menyampaikan, kedatangan mereka ke Ponpes Darul Ulum ini tidak lain untuk menimba ilmu agama di bulan Suci Ramadan. Hal itu sesuai yang dilakukan sejak para orang tua mereka terdahulu.

“Tujuannya kalau puasa, mereka ingin zikirnya itu disertai ibadah secara terus menerus, namanya suluk. Mereka tinggal di masjid, yang motivasi utamanya untuk mengintensifkan ilmu zikirnya itu,” terangnya.

Para lansia yang datang mondok ini tidak hanya berasal dari Kabupaten Jombang, saja. Melainkan daerah-daerah lain di Jawa Timur. Bahkan ada beberapa diantaranya yang berasal dari luar jawa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video