Helmy Faishal Zaini, Sang Pembabat Alas PKB di Luar Jawa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Helmy Faishal Zaini, Sang Pembabat Alas PKB di Luar Jawa

Editor: m mas'ud adnan
Sabtu, 30 Agustus 2014 23:02 WIB

JAKARTA(BangsaOnline)Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Ir Helmy Faishal Zaini dikenal sebagai salah satu kader Partai Kebangkitan Bangsa () yang kreatif dan berani mengambil resiko. Helmy yang punya hobi memotret dan membaca ini kerap mengambil terobosan baru dalam membesarkan . Salah satu contoh ia berani mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari dapil minus massa .Yaitu dapil Nusa Tenggara Barat (NTB). “Kita harus berani ambil terobosan,” kata alumnus Universitas Darul Ulum Jombang ini kepada bangsaonline.

Ia menyatakan bahwa selama ini hanya besar di pulau Jawa, terutama Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sementara di luar Jawa justeru dikuasi partai lain, terutuma Golkar dan PDIP. “Kita harus membabat alas di luar Jawa,” kata Helmy. “Ya memang beresiko tak terpilih. Tapi harus kita mulai sekarang. Kalau tidak, kapan lagi kita bisa membesarkan ,” katanya.

Tentu saja langkah Helmy ini menjadi isu sensitif di kalangan pengurus parpol lain di NTB. “Partai lain langsung rame begitu mendengar saya nyaleg dari NTB,” katanya. Maklum, dalam sejarah pemilu, tak pernah dapat kursi DPR RI di NTB.

Kalkulasi poliltik Helmy ternyata benar. Dalam Pemilu legislatif lalu meraup 182.320 suara di NTB. Sedang peraih suara terbesar adalah Partai Golkar yaitu 333.282 suara. Namun meski suara Golkar meraih suara mayoritas tetap dapat 1 kursi. Kuota 9 kursi DPR RI dari dapil NTB tersebar ke 9 partai, termasuk .

Dari 12 parpol memang hanya empat parpol yang suaranya melampaui BPP yaitu sebesar 241.249, yakni Partai Golkar (333.282), Demokrat (318.713), Gerindra (263.621), dan PKS (253.870). Maka, pada pembagian kursi tahap pertama, empat parpol ini masing-masing mendapat 1 kursi.

Pada pembagian kursi tahap kedua, sisa suara keempat parpol di atas dihitung kembali bersama dengan suara 8 parpol lainnya untuk memperebutkan 6 kursi tersisa. Hasilnya, sisa 6 kursi diraih oleh Hanura, PAN, PDIP, , PPP, dan Nasdem. Sedangkan PBB dan PKPI tidak mendapat jatah kursi karena perolehan suaranya di bawah enam parpol tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   PKB

Berita Terkait

Bangsaonline Video