Pasca Studi di Bandung, Ketua DPRD Gresik Minta BUMDes Kelola Wisata | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pasca Studi di Bandung, Ketua DPRD Gresik Minta BUMDes Kelola Wisata

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Selasa, 10 April 2018 12:46 WIB

Ketua DPRD Gresik, Abdul Hamid.

GRESIK, BANGSAONLINE.com menindaklanjuti hasil studi banding ke Kota Bandung soal pengelolaan obyek wisata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

meminta sejumlah desa yang telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mengelola kakayaan alam yang ada di wilayah masing-masing. "Di sejumlah desa di Kabupaten Gresik banyak obyek wisata. Desa bisa mengelola obyek tersebut untuk sumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) maupun PAD," ujar Ketua H. Abdul Hamid.

Menurut Hamid, ada sejumlah desa di Kabupaten Gresik yang memiliki wisata layak jual sehingga bisa menghasilkan PAD apabila dikelola dengan baik. Di antaranya, wisata Bukit Jamur di Desa Bungah Kecamatan Bungah, wisata Mangrove di Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah, wisata Pantai Dalegan Kecamatan Panceng, wisata Hutan Mangrove di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah, dan objek wisata alam dan bahari di Pulau Bawean.

Tak hanya itu, juga ada Wisata Benteng Lodewijk di Desa Mengare Kecamatan Bungah, Wisata Bukit Surowoti Kecamatan Panceng, serta masih banyak lainnya.

Teknis pengelolaanya, dijelaskan Hamid, bisa melalui antar BUMDes satu dan lainnya, maupun dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Gresik. "BUMDes dan OPD terkait harus duduk satu meja untuk mewujudkannya," terang politikus Golkar asal Sidayu ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   DPRD Gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video